logo

Beasiswa

CRCS UGM Buka Pendaftaran Beasiswa Jenjang Magister untuk Studi Lintas Budaya tentang Agama

CRCS UGM Buka Pendaftaran Beasiswa Jenjang Magister untuk Studi Lintas Budaya tentang Agama
Pusat Studi Agama dan Lintas Budaya atau Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) Universitas Gadjah Mada. (UGM)
Redaksi, Beasiswa25 Mei, 2022 13:27 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pusat Studi Agama dan Lintas Budaya atau Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka program beasiswa jenjang magister. 

CRCS UGM merupakan program magister yang berfokus pada studi lintas budaya tentang agama sebagai aspek yang kompleks dan vital dari pengalaman manusia dalam segala keragamannya dan sebagai identitas sosial.

Melansir pengumuman resminya, syarat pendaftaran beasiswa adalah mereka yang telah dinyatakan lulus ujian masuk dan sudah dinyatakan diterima di CRCS UGM. Pelamar mengajukan surat lamaran beasiswa ke Ketua Program Studi Agama dan Lintas Budaya. 

Penerima beasiswa CRCS akan mendapatkan bantuan biaya SPP sebesar Rp9 juta per semester selama 4 semester. Beasiswa CRCS tidak menanggung biaya hidup, biaya penelitian, biaya buku, biaya transportasi dan biaya lainnya.

Pelamar diharuskan memiliki gelar Sarjana (S1) dari universitas Indonesia atau luar negeri dengan skor Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,5 bagi sarjana dari program studi terakreditasi A, 2,75 dari program sarjana terakreditasi B, dan 3,0 dari program sarjana terakreditasi C. Selain itu, juga memiliki skor TOEFL minimal 475, serta skor minimal tes potensi akademik (TPA) 450.

Lebih lanjut, penerima beasiswa CRCS memiliki kewajiban untuk bekerja 6 jam dalam satu minggu di CRCS. Terdapat dua jenis pekerjaan yang ditawarkan, pertama, menjadi Asisten Peneliti di bawah koordinasi Divisi Riset. Kedua, menjadi Reporter/Kontributor di bawah Koordinasi Divisi Pendidikan Publik.

Syarat lanjutan penerima beasiswa adalah performa akademik dan pekerjaan penerima beasiswa tersebut baik. Kemudian, IPK penerima beasiswa CRCS minimal 3,25. Adapun evaluasi performa akademik dan performa pekerjaan dilakukan pada setiap semester.

Perlu diperhatikan, CRCS akan menghentikan beasiswa jika performa penerima beasiswa tidak memenuhi syarat. 

Adapun lini masa Beasiswa CRCS sebagai berikut:

1. 10 Mei-14 Juni 2022: Pendaftaran online dan penyerahan dokumen persyaratan.

2. 5 Juli 2022: Pengumuman hasil seleksi.

3. Agustus 2022: Dimulainya kegiatan perkuliahan.

Informasi lengkap mengenai tata cara pendaftaran, syarat lengkap, dan informasi lainnya bisa dilihat melalui laman web pengumuman resmi Beasiswa CRCS UGM. (K. Setia Widodo)

Read Next