logo

Kampus

BRIN Dorong Kampus Jadi Wadah Bakat Periset dan Inovator Nasional

BRIN Dorong Kampus Jadi Wadah Bakat Periset dan Inovator Nasional
Plt. Deputi SDM IPTEK BRIN Edy Giri Rahmat Putra usai penandatangan kerjasama dengan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) pada Senin (3/4/2023). (Istimewa)
Setyono, Kampus04 April, 2023 16:05 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong perguruan tinggi menjadi wadah kelahiran bakat-bakat periset dan inovator nasional.

Dorongan ini disampaikan Plt. Deputi SDM IPTEK BRIN, Edy Giri Rahmat Putra, usai penandatangan kerjasama dengan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) pada Senin (3/4/2023).

"Perguruan tinggi memiliki peran strategis menjadi wadah bakat (Talent Pool) yang di masa mendatang diharapkan mendukung program peningkatkan kualitas SDM riset Indonesia," kata Giri dalam rilis, Selasa (4/4/2023).

Sebagai negara besar, terutama ketika dihubungkan dengan bonus demografi pada 2030. Giri menyatakan ini adalah modal penting menjadikan Indonesia sebagai negara maju yang tentunya harus terus dibarengi dengan peningkatkan kualitas SDM berkelanjutan.

Dalam kerjasama dengan ITNY, BRIN berkomitmen akan menjadi perguruan tinggi ini akan unggul di bidang teknologi dan technopreneurship untuk energy serta lingkungan yang berkelanjutan.

"BRIN terus berkomitmen memajukan riset di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai perguruan tinggi. Hal ini diwujudkan melalui pengembangan kerja sama seluas-luasnya dengan pemerintah, perguruan tinggi, dan industri," lanjut Giri.

Rektor Setyo Pambudi, menyatakan melalui kerjasama ini akademika ITNY dapat mendorong terwujudnya mobilitas akademik, melalui kegiatan MBKM maupun kolaborasi penelitian dengan periset BRIN, sehingga ITNY juga dapat berkontribusi aktif bagi meningkatnya iklim dan kualitas riset di Indonesia.

"Banyak peluang mobilitas akademik yang bisa dikolaborasikan antara ITNY dengan BRIN. Mengingat keduanya sama-sama punya peran yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan riset dan inovasi," tutup Setyo.

Tags:kampus

Read Next