logo

Kampus

Dari PTN-BLU, Status UNY oleh Presiden Jokowi Resmi Menjadi PTN-BH

Dari PTN-BLU, Status UNY oleh Presiden Jokowi Resmi Menjadi PTN-BH
Kampus UNY (EDUWARA/Dok. Humas UNY)
Setyono, Kampus26 Oktober, 2022 22:50 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2022, Presiden Joko Widodo resmi menetapkan perubahan status Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Hukum, Kamis (20/10/2022). Sebelumnya, selama tiga tahun terakhir UNY menyandang status PTN Badan Layanan Usaha (BLU).

"Ini kabar menggembirakan. Semuanya merupakan hasil sinergi serta kerja keras, cerdas, dan ikhlas berbagai lini," kata Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Margana.

Dalam rilis, Margana bercerita penetapan status ini ‘membayar lunas’ apa yang sudah dilakukan oleh civitas akademika terutama dalam penyiapan dokumen pengusulan sejak tiga tahun silam.

Perubahan status dari PTN-BLU ke PTN-BH membuat UNY makin memiliki otoritas dan kemandirian manajerial di bidang aset, keuangan, serta sumber daya manusia.

"Pada 2019 UNY sudah melayangkan pengajuan status kepada Kementerian. Pandemi sempat beberapa bulan, dan UNY segera tanggap berikut mengatur strategi sesuai keadaan kenormalan baru di mana mengacu pada restrukturisasi birokrasi Kementerian," ungkapnya.

Pada 14 September 2021 UNY mengusulkan kembali ke Jakarta dan awal tahun 2022 dokumen pengusulan sampai di meja Sekretariat Negara.

"Tidak sampai setahun, naskah final dan pakta integritas diteken Presiden Jokowi," jelas Margana.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Siswantoyo memaparkan, UNY menyiapkan lima dokumen pengusulan di mana setiap dokumen mencakup kesiapan, perencanaan, dan pengevaluasian atas urgensi PTN-BH bagi pengembangan lembaga.

"Ini merupakan capaian terbesar di usia ke-58 tahun UNY dan menjadi penanda perjalanan kontribusi lembaga di tingkat nasional dan internasional. Sesuai dengan jargon ‘Gercep’ di bawah kepemimpinan Sumaryanto, struktur kebirokrasian lembaga makin tangkas, ramping, dan fleksibel," papar Siswantoyo.

Dengan 132 program studi, di mana program studi terakreditasi nasional sebanyak 133 dan internasional 51. Torehan ini diharapkan terus melejitkan UNY seiring dengan status baru lembaga berbadan hukum sehingga menjadi universitas kependidikan kelas dunia yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Edi Purwanta menambahkan, perubahan status ini harus diikuti perubahan pola pikir dinamis (growth mindset) sehingga menjadi bekal utama UNY menyambut tantangan ke depan.

"UNY menyadari kecakapan creativity, collaboration, communication, dan critical thinking (4C) adalah modal berikutnya untuk menghadapi era Industri 4.0," tegasnya.

Dalam lima tahun mendatang UNY akan fokus pada transformasi kelembagaan dan keilmuan. Pada fase ini UNY memprioritaskan pemantapan inovasi, penelitian, dan implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka melalui Indikator Kinerja Utama (IKU) maupun matchingfund.

"Program prioritas ini terus berkembang hingga tahun 2045 ketika Indonesia mencapai usia emas," tutupnya. 

Read Next