logo

Kampus

Di Baros Bantul, KKN 103 UMBY Giatkan Kewirausahaan dan Literasi

Di Baros Bantul, KKN 103 UMBY Giatkan Kewirausahaan dan Literasi
Mahasiswa KKN 103 UMBY berkolaborasi dengan komunitas ecoprint Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul, menggelar pelatihan kerajinan ecoprint. Mereka membawa inovasi dalam pemasaran melalui e-commerce dan katalog produk sebagai upaya membangun strategi yang berkelanjutan untuk meningkatkan penjualan produk. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus19 Juli, 2024 21:20 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Pelatihan kerajinan ecoprint dipilih kelompok KKN 103 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dalam program menumbuhkan kewirausahaan bagi warga Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul. Upaya tersebut juga didukung dengan peningkatan literasi melalui penyediaan bahan bacaan di perpustakaan yang dimiliki warga dusun.

Ketua kelompok KKN 103 UMBY, Abdul Kholiq Ismail mengatakan pemilihan program kewirausahaan ecoprint karena di sana telah hadir kelompok pegiat kerajinan ecoprint.

"Kami berkolaborasi dengan komunitas ecoprint setempat, yang dipimpin oleh Heriyanti dan Novianti. Kami membawa inovasi dalam pemasaran melalui e-commerce dan katalog produk," jelas Abdul Kholiq dalam rilis, Jumat (19/7/2024).

Abdul optimis program yang dijalankan timnya dapat membangun strategi yang berkelanjutan untuk meningkatkan penjualan produk.

"Seluruh program kerja kami harapkan ke depan agar dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat lokal khususnya UMKM di Dusun Baros," lanjutnya.

Perpustakaan Dusun

Selain pelatihan kewirausahaan, kelompok yang beranggotakan 13 mahasiswa lintas program studi (prodi), yaitu Psikologi, Manajemen, dan Teknik Informatika juga memberi perhatian pada keberadaan perpustakaan dusun. Para mahasiswa KKN membantu perbaikan ruang perpustakaan dan menambah bahan bacaan. 

Upaya ini dilakukan agar perpustakaan dusun semakin menarik minat anak-anak di Dusun Baros sehingga mereka lebih aktif membaca dan mengembangkan literasi usia dini.

"Langkah ini diapresiasi masyarakat setempat sebagai upaya positif dalam membangun masa depan melalui peningkatan literasi di komunitas mereka," ucapnya.

Dosen Pembimbing KKN UMBY, Widarta berharap melalui KKN ini, UMBY tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masyarakat tetapi juga meninggalkan jejak positif yang berkelanjutan di Dusun Baros.

"Kegiatan diawali menggali data untuk membuat program mendukung pengusaha UMKM di Dusun Baros," katanya.

Heriyanti dari komunitas eco print Dusun Baros sangat berterima kasih atas dukungan dan ide segar yang dibawa oleh mahasiswa dalam mengembangkan usahanya.

Read Next