logo

Kampus

Di Belanda, Bimasakti Racing Team UGM Raih The Golden Fighter Award

Di Belanda, Bimasakti Racing Team UGM Raih The Golden Fighter Award
Bimasakti Racing Team UGM mampu meraih The Golden Fighter Award pada Formula Student Netherlands 2022 yang diselenggarakan di TT Circuit in Assen, Netherlands, pada 9-14 Juli 2022. (EDUWARA/Dok. Pribadi)
Setyono, Kampus19 Juli, 2022 20:40 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Bimasakti Racing Team UGM mampu meraih The Golden Fighter Award pada Formula Student Netherlands 2022 yang diselenggarakan di TT Circuit in Assen, Netherlands, pada 9-14 Juli 2022. Penghargaan ini diraih Tim Bimasakti atas kemajuan besar pada performa mobil, khususnya bidang Engineering Design.

Selain itu, Tim Bimasakti juga berhasil memperoleh 6th Place Design Presentation dan 11th Place Cost and Manufacturing Event. Kedua prestasi menempatkan Tim Bimasakti di peringkat 7 Overall kelas Combustion Vehicle pada ajang kompetisi internasional Formula Student Netherlands 2022.

"Di samping penghargaan-penghargaan yang berhasil dicapai tersebut, Tim Bimasakti juga berhasil mencetak rekor, yaitu menjadi tim formula student Indonesia pertama yang berlaga di Formula Student Netherlands," kata Kapten Tim Bimasakti Aditya Maheranta.

Aditya mengatakan untuk mengikuti even tahunan ini pihaknya telah melakukan beberapa peningkatan desain dan performa aerodinamika pada mobil, peningkatan desain rangka dan suspensi mobil, serta peningkatan simulasi dan pengujian terhadap semua komponen mobil. Semuanya menjadi tanggung jawab Departemen Teknis Tim Bimasakti.

Kemudian, Departemen Managerial berkontribusi dalam mempersiapkan seluruh kebutuhan tim dan mempelajari ide presentasi bisnis untuk ajang Business Plan Presentation Event.

Pada Formula Student Netherlands, Tim Bimasakti harus bersaing dengan 17 tim mahasiswa mancanegara lainnya yang berasal dari Jerman, Spanyol, Polandia, dan negara-negara lainnya.

"Meskipun menghadapi berbagai tantangan, namun Tim Bimasakti tetap berjuang dan memberikan upaya terbaik dalam setiap tahapan kompetisi Formula Student Netherlands 2022," kata Aditya.

Usai laga ini, pihaknya terus melakukan pengembangan mobil Bimasakti Generasi 12 untuk mengikuti Student Formula Competition pada tahun berikutnya.

Kepala Inspektor Teknis Formula Student Netherlands 2022, Leonard, mengungkapkan kehadiran Tim Bimasakti dalam Formula Student Netherlands menjadi pengingat tentang makna kegiatan formula student yang sesungguhnya.

Leonard mengapresiasi Tim Bimasakti yang terus berusaha memberikan terbaik, mencari ilmu sebanyak-banyaknya, serta melakukan perbaikan terhadap semua masalah yang muncul dalam perlombaan.  

"Bahkan saat masalah tersebut hampir tidak mungkin diselesaikan bagi sebagian orang," tutupnya.

Read Next