logo

Kampus

Di POMNAS 2022, Atlet Pencak Silat UMS Sabet Medali Emas dan Perunggu

Di POMNAS 2022, Atlet Pencak Silat UMS Sabet Medali Emas dan Perunggu
Atlet pencak silat UMS beserta official dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022. (EDUWARA/Dok. UMS)
Redaksi, Kampus28 November, 2022 23:57 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Atlet cabang olahraga (cabor) pencak silat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menorehkan prestasi dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022 yang diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat pada 17-26 November 2022.

Perolehan emas pertama untuk cabor Pencak Silat diraih pada kategori ganda putra, yakni Arif Mubarok dan Ahmad Muzaki yang merupakan anak kembar. 

Kemudian disusul dengan tiga medali perunggu pada kategori Tanding Kelas C Putra yang diraih Ginting Baharudin Putra, kategori Tanding Kelas E Putra diraih Amar Abdullah Dani Arni R, dan Tanding Kelas G Putra diraih Muh Ikmal Akbar.

Menurut Arif, dalam pertandingan pencak silat di POMNAS yang paling sulit adalah ketika final melawan Bali dan Jakarta. Arif juga mengungkapkan perasaannya saat melaju ke final adalah saat-saat yang sulit.

“Ketika final, karena mental saya saat itu bergejolak tak karuan, kayak mikir bisa nggak ya. Tapi di lain sisi, saya juga mikir saya pasti bisa,” ungkap Arif Mubarok seperti dilansir Eduwara.com, Senin (28/11/2022), dari laman UMS.

Bersama dengan kembarannya, Arif mendapatkan medali emas setelah mengungguli Bali dengan mendapatkan 1 poin khusus dari poin kemantapan gerak.

Atas kemenangan itu, Arif berpesan kepada para mahasiswa agara tidak mudah menyerah. “Jika orang lain bisa, kita juga harus lebih bisa. Mungkin kita tidak memiliki bakat, tapi dengan kerja keras, kita pasti bisa mengalahkan bakat,” pesan dia.

Pelatih Kepala Cabang Olahraga Pencak Silat Kontingen Jawa Tengah, Nur Subekti menuturkan, perolehan medali pada POMNAS tahun ini telah melampaui hasil dari POMNAS yang diselenggarakan pada tahun 2019. 

tahun 2019, UMS meloloskan lima atlet dengan raihan prestasi berupa 1 perak dan 1 perunggu. Sedangkan pada tahun 2022, UMS berhasil mololoskan tujuh atlet dan lima atlet dari cabor Pencak Silat membawa pulang medali emas dan perunggu.

“Meningkatnya prestasi di POMNAS ini menjadi bukti komitmen kami, khususnya Prodi Pendidikan Olahraga yang memiliki misi mewujudkan UMS berprestasi di bidang olahraga,” jelas Bekti.

Menurut dia, kemenangan yang ditorehkan oleh para atlet UMS menjadi salah satu kado untuk kesuksesan penyelenggaraan Muhammadiyah dan Aisyiah ke-48 yang diselenggarakan di Solo beberapa waktu lalu.

“Secara khusus prestasi 1 emas 3 perunggu dari mahasiswa UMS, hadiah untuk suksesnya Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah ke-48 yang baru saja selesei. Semua mahasiswa dan pelatih dari UMS merupakan kader Tapak Suci Putra Muhammadiyah. Ini sebagai bukti bahwa melalui Tapak Suci kita kibarkan dakwah persyarikatan Muhammadiyah melalui prestasi olahraga,” terang dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next