logo

Kampus

Di Yogya, 70 Persen Kampus Siap PTM 100 Persen

Di Yogya, 70 Persen Kampus Siap PTM 100 Persen
Kampus Universitas Islam Indonesia (EDUWARA/UII))
Redaksi, Kampus07 Januari, 2022 18:45 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sedikitnya 70 persen kampus di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta siap melaksanakan kuliah atau pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta, Bhimo Widyo Andoko menjelaskan, hal itu diperoleh berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan di sejumlah kampus di Yogyakarta.

"Hasilnya, ada 70 persen lebih perguruan tinggi yang sanggup untuk melakukan PTM 100 persen," kata Bhimo, Jumat (7/1/2022). 

Tak hanya itu, lanjut Bhimo, berdasarkan pemetaan sebagian besar kampus di Yogya sudah mempunyai skema dan protokol tertentu dalam melakukan pencegahan Covid-19.

"Yang pasti kami mengikuti aturan dari Pemda DIY bagaimana. Selama Pemda DIY mengizinkan, maka kami akan mengikuti kebijakannya,” papar Bhimo.

LLDikti Wilayah V juga bakal berkoordinasi dengan pimpinan perguruan tinggi di DIY, termasuk Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) DIY.

Meski Pemda DIY sudah memberikan lampu hijau terhadap pelaksanaan PTM 100 persen, namun LLDikti Wilayah V tetap akan mengikuti aturan dan bakal berkoordinasi dengan Pemda dan juga pihak kampus.

“Saat ini, sebagian kampus masih menerapkan model perkuliahan gabungan luring dan daring,” jelasnya.

Bhimo menambahkan, perguruan tinggi yang telah memiliki kesiapan matang menggelar PTM 100 persen adalah mereka yang termasuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta (PTS) besar. 

“Kalaupun ada dosen atau mahasiswa atau dosen yang terpapar dari kampus kecil, bisa merujuk ke shelter kampus-kampus besar,” tukasnya.

Hingga kini, lebih dari 90 persen dosen dan civitas academica juga sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

 

Tulisan ini telah tayang di Jogjaaja.com oleh TIES pada Jumat, 07 Januari 2022.

 

Read Next