logo

Beasiswa

Dibuka Sejak Awal Tahun, Ini Syarat Bantuan Pendanaan Riset Tugas Akhir dari BRIN

Dibuka Sejak Awal Tahun, Ini Syarat Bantuan Pendanaan Riset Tugas Akhir dari BRIN
Ilustrasi Bantuan Riset Talenta Riset dan Inovasi (BARISTA) BRIN. (BRIN)
Redaksi, Beasiswa28 Juli, 2022 15:56 WIB

Eduwara.com, SOLO – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membuka program bantuan pendanaan riset bagi mahasiswa aktif tingkat akhir melalui program Bantuan Riset Talenta Riset dan Inovasi (BARISTA).

Program BARISTA merupakan pemberian bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan riset kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4, Sarjana, Magister, dan Doktor untuk menyelesaikan tugas akhir yang berbasis kerjasama riset di unit kerja lingkungan BRIN.

Melansir pengumuman resmi Program BARISTA BRIN, program tersebut bertujuan mendukung kepada talenta riset dan inovasi, kolaborasi, dan publikasi bersama.

Pendaftaran Program BARISTA dibuka selama satu tahun sejak 2 Januari 2022 hingga 30 Desember 2022. Seleksi dilakukan dua kali selama jangka waktu program yaitu pada bulan Juni dan Desember.

Bagi pendaftar yang lolos akan diberi bantuan biaya pendidikan yang dibayarkan untuk UKT tahun terakhir dengan besaran maksimal Rp5 juta per semester. Selain bantuan biaya, juga didapatkan berupa bantuan riset.

Adapun syarat pendaftar Program BARISTA di antaranya mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang D4/S1 maksimal pada semester VIII pada saat penetapan. Untuk jenjang S2 maksimal pada semester V pada saat penetapan, sedangkan jenjang S3 maksimal pada semester VIII pada saat penetapan.

Kemudian memiliki proposal riset yang sedang dilakukan untuk menyusun tugas akhir yang berkolaborasi dengan kelompok riset di Lingkungan Badan Riset dan Inovasi Nasional, memiliki rekomendasi dari universitas, dan rekomendasi dari mentor atau pembimbing dari unit kerja di BRIN.

Selain itu juga sudah mengikuti mata kuliah metode penelitian, menyampaikan luaran program skripsi/ tesis/disertasi berupa karya tulis ilmiah hasil kolaborasi dengan unit kerja di lingkungan BRIN, serta mendaftar melalui sistem informasi BARISTA.

Informasi lebih lanjut terkait dokumen yang dibutuhkan, syarat lengkap, serta pranala pendaftaran bisa dilihat melalui laman resmi pengumuman Program BARISTA BRIN. (K. Setia Widodo)

Read Next