logo

Kampus

Dibutuhkan Industri, UMM Buka Program CoE Welding Inspector

Dibutuhkan Industri, UMM Buka Program CoE Welding Inspector
Kegiatan welding inspector di UMM. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus06 Februari, 2022 23:58 WIB

Eduwara.com, MALANG — Prodi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka program kelas Center of Excellence (CoE) Welding Inspector untuk menciptakan tenaga yang andal dan kompeten di bidang tersebut.

Kepala Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UMM, Iis Siti Aisyah, mengatakan untuk kepentingan program ini, mereka telah bekerja sama dengan beberapa industri dan dunia kerja (Iduka), antara lain PT Spindo, PT Barata Indonesia, PT PAL, Lloyd's Register Asia, dan PT Industri Kereta Api (INKA).

Menurut dia, program ini diadakan untuk memberikan keterampilan kerja secara nyata bagi mahasiswa langsung dari pihak Iduka. Dengan begitu, mereka tidak hanya berkutat dengan teori saja, tapi juga mengikuti praktikum lapangan di perusahaan-perusahaan tersebut. 

"Pada semester mendatang, kami akan membentuk sistem teranyar dengan sistem blok selama tiga bulan," katanya, Sabtu (5/2/2022).

Perusahaan dan dunia kerja yang digandeng UMM, masing-masing mendapatkan jatah untuk memberikan kuliah dan mengajar kepada mahasiswa. Adapun di setiap mata kuliah, akan disediakan tiga praktikum, meliputi, praktikum pengelasan, inspeksi pengelasan destructive test (DT), dan inspeksi pengelasan non destructive test (NDT).

“Kemudian di akhir program, kami juga akan melakukan uji kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga kemampuan para peserta dapat diakui secara luas," kata Iis yang juga Dosen Prodi Teknik Mesin tersebut.

Dia menambahkan, program ini merupakan satu-satunya pelatihan welding inspection yang ada di Kota Malang. Oleh karenanya, pihak Prodi Teknik Mesin tidak hanya membuka kelas bagi mahasiswa UMM saja, tapi juga untuk mahasiswa kampus lain bahkan juga menggaet berbagai kalangan yang ada di masyarakat. Utamanya mereka yang memiliki ketertarikan di bidang terkait.

"Peluang kerja di bidang welding inspection sangat bagus karena banyak dunia industri yang membutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut. Selain itu, dibanding pelatihan lain di Jawa Timur, program CoE Welding Inspection UMM ini memiliki banyak spesifikasi metode pengujian baja karena melibatkan banyak Iduka di dalamnya," katanya.

Dia berharap, ke depan, program ini tidak hanya memberi keterampilan dan mendekatkan para mahasiswa dengan dunia kerja, tetapi juga mampu meningkatkan keterserapan tenaga kerja di bidang welding inspection.

"Saya juga sangat ingin kelas ini bisa berkembang serta menjadi lembaga sertifikasi welding inspection, melahirkan lulusan-lulusan berkompeten dan siap menjadi pribadi mandiri," ujarnya.

Read Next