logo

Kampus

Dua Tahun Berturut-turut, UIN Sunan Kalijaga Jadi PTKIN Paling Diminati

Dua Tahun Berturut-turut, UIN Sunan Kalijaga Jadi PTKIN Paling Diminati
Laboratorium Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. (EDUWARA/Dok. UIN Sunan Kalijaga)
Setyono, Kampus13 April, 2022 18:45 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Dua kali berturut-turut Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terfavorit dalam Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) 2022.

"Tahun lalu kami juga menjadi PTKIN dengan peminat terbanyak. Tahun ini ada sebanyak 32.499 orang pendaftar yang berkeinginan kuliah di UIN Suka," kata Wakil Rektor I, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Iswandi Syahputra, Rabu (13/4/2022).

Syahputra mengatakan sementara ini pihaknya menganalisis tingginya peminat ke UIN Suka karena raihan Akreditasi Unggul serta promosi, sosialisasi dan mobilisasi di semua saluran media konvensional dan media sosial.

"Capaian ini dapat dijadikan pelecut untuk mengembangkan beberapa prodi baru, penambahan dosen dan infrastruktur," katanya.

Dari data yang dilansir, dari 10 PTKIN, UIN Sunan Kalijaga mendapatkan jumlah pendaftar paling banyak yakni sejumlah 32.499 orang pendaftar. Menyusul UIN Syarif Hidayatullah (31.549), UIN Sunan Gunung Djati Bandung (28.354), dan UIN Walisongo Semarang (19.582).

Kemudian disusul oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (16.992), UIN Imam Bonjol Padang (16.630), UIN Sunan Ampel Surabaya (15.897), UIN Alauddin Makassar (15.717), UIN Sumatera Utara Medan (11.370) dan UIN Raden Mas Said Surakarta (11.334).

"Tidak hanya itu, UIN Suka juga teratas dalam hal program studi paling banyak diminati," lanjutnya.

Wakil Rektor I, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Iswandi Syahputra, Rabu (13/4/2022) menyebut UIN Sunan Kalijaga pada dua tahun terakhir menjadi PTKIN yang paling diminati. (EDUWARA/Dok. UIN Sunan Kalijaga)

Lima Prodi yang memperoleh peminat terbanyak di tingkat pendaftar penerimaan mahasiswa baru (PMB) PTKIN, yakni: Prodi Manajemen Keuangan Syari'ah dengan jumlah peminat 6.427 orang. Kemudian berurutan Prodi Pendidikan Agama Islam (5.398), Prodi Ekonomi Syariah (5.139), Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (5.084).

Di tempat kedua UIN Syarif Hidayatullah menempatkan dua Prodi dengan peminat terbanyak, yakni: Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Perbankan Syariah. Disusul UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki satu Prodi dengan peminat terbanyak yakni Prodi Manajemen Keuangan Syariah.

Kemudian ada delapan Prodi UIN Suka yang memiliki daya saing tertinggi, yakni: Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Prodi Manajemen Keuangan Syariah, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Akuntansi Syariah. 

Tahun lalu (2021) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga meraih peringkat pertama nasional dalam penerimaan mahasiswa baru. UIN Sunan Kalijaga menempati urutan pertama dengan jumlah peminat sebanyak 13.431 peserta. Peringkat kedua ditempati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan jumlah peminat 12.455 orang.

Read Next