logo

Sekolah Kita

Dukung Karir Belajar Peserta Didik Berprestasi, Kemendikbudristek Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju

Dukung Karir Belajar Peserta Didik Berprestasi, Kemendikbudristek Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju
Peluncuran Program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) oleh Kemendikbudristek yang didukung oleh LPDP, Rabu (11/5/2022). (YouTube Kemdikbud RI)
Redaksi, Sekolah Kita12 Mei, 2022 23:57 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yang didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Rabu (11/5/2022). Peluncuran tersebut diselenggarakan secara virtual melalui siaran langsung YouTube Kemendikbud RI.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan program tersebut merupakan terobosan dari beasiswa sebelumnya. 

“Terobosan beasiswa Pendidikan Indonesia dilakukan Kemendikbudristek bersama LPDP untuk mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya,” ungkap dia seperti siaran pers yang dilansir Eduwara.com, Kamis (12/5/2022) dari laman web resmi Kemendikbudristek.

Tahun 2021, sambung Nadiem, Kemendikbudristek telah memberikan beasiswa kepada 2.179 insan pendidikan, dan tahun ini jumlah penerima akan bertambah menjadi 3.755 insan pendidikan.

“Saya harap komitmen baik ini disambut baik oleh masyarakat luas, dan saya mengajak semua pelajar, tenaga pendidik, serta pelaku budaya untuk memanfaatkan kesempatan emas ini,” tekan Nadiem.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mengatakan bahwa BIM tidak hanya menuntut kecerdasan saja tetapi juga karakter yang kuat dari mulai sikap bijak, berani, mandiri, dan tanggung jawab, serta yang tidak kalah penting adalah sikap peduli pada kemanusiaan.

“Beasiswa Indonesia Maju merupakan program pemerintah yang disediakan bagi peserta didik berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan S2 pada perguruan tinggi di dalam maupun di luar negeri,” ujar Suharti.

Menurut dia, tantangan ke depan akan selalu ada dalam berbagai bentuk dan mau tidak mau, suka tidak suka kita harus siap menghadapi saat itu tiba.

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi dalam Peluncuran Program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) oleh Kemendikbudristek yang didukung oleh LPDP, Rabu (11/5/2022).  (YouTube Kemdikbud RI)

Manajemen Talenta Nasional

Senada dengan itu, Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi menyampaikan bahwa BIM merupakan bagian dari manajemen talenta nasional untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. BIM merupakan program terintegrasi yang terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan nongelar (nondegree).

“Program ini juga sebagai bentuk penghargaan dan upaya jaminan karir belajar bagi peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus,” urai Asep.

Beasiswa Indonesia Maju bergelar jenjang S1 dan S2 dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek. Sedangkan program beasiswa nongelar, yaitu Program Persiapan S1 Luar Negeri, dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek.

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri adalah program beasiswa yang diberikan guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri.

Tahun ini, BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 diberikan kepada peserta didik kelas XI pada jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi di ajang olimpiade/lomba/kompetisi/festival di beberapa bidang yaitu sains, riset, teknologi dan inovasi; bidang seni, literasi, dan bahasa; bidang olahraga dan kesehatan jasmani; serta bidang vokasi dan kewirausahaan tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, BIM Program Beasiswa Bergelar (Degree) S1 dan S2 merupakan bagian dari Beasiswa Pendidikan Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dalam bentuk bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik atau lulusan berprestasi. Baik dari ajang yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional maupun dari ajang atau nonajang talenta yang dikurasi oleh Pusat Prestasi Nasional.

Ada tiga tahap yang harus dilalui pendaftar, yaitu registrasi, seleksi administrasi, serta seleksi substansi dan wawancara. Waktu pendaftaran hingga pengumuman dan tahap pembinaan bagi pedaftar yang lolos Program Persiapan S1 Luar Negeri dimulai tanggal 11 Mei hingga 1 Juli 2022.

Sedangkan untuk Program Bergelar (Degree) pendaftaran dibuka serentak tanggal 11 Mei 2022 untuk selanjutnya ditutup pada tanggal 30 Juni 2022 untuk program S1/S2 Luar Negeri dan tanggal 30 Juli 2022 untuk program S1/S2 Dalam Negeri. (K. Setia Widodo/*)

Read Next