logo

Kampus

FKM UI Bina Desa Wisata di Aspek CHSE

FKM UI Bina Desa Wisata di Aspek CHSE
Pengabdian masyarakat oleh Universitas Indonesia di Desa Sumberbulu bersama dengan Menparekraf Sandiaga Uno ((Humas UI))
Ida Gautama, Kampus10 November, 2021 20:57 WIB

Eduwara.com, DEPOK -- Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), yang diketuai Fatma Lestari bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Bupati Karanganyar Juliyatmono, mendeklarasikan pembinaan pada beberapa Desa Wisata di Indonesia. 

Program pembinaan tersebut dalam rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan pembinaan bagi desa-desa wisata guna menciptakan lapangan kerja dan Indonesia Bangkit. Beberapa desa yang akan mendapatkan pembinaan di antaranya adalah Desa Alamendah Ciwidey Bandung, Desa Sumberbulu di Karanganyar, Jawa Tengah. 

Fatma menuturkan, Desa Wisata Sumberbulu akan mendapatkan program pendampingan berkaitan dengan penerapan aspek Cleanliness, Health, Safety and Environment (CHSE) , antara lain implementasi protokol kesehatan, pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan, pelatihan pemadaman kebakaran, manajemen risiko, manajemen tanggap darurat, dan prosedur-prosedur CHSE. 

“Selain itu, kami dari FKM UI juga memberikan alat pelindung diri yang diperlukan ketika berwisata,” ujar Fatma dalam siaran pers yang dikirimkan ke redaksi Eduwara.com, Rabu (10/11/2021).

Dukungan UI untuk pendampingan aspek CHSE desa wisata ini dideklarasikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Tim FKM UI saat mengunjungi desa wisata yang masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia. Dalam kesempatan itu, Sandi juga menandatangani prasasti yang menandai Sumberbulu sebagai satu dari 50 Desa Wisata terbaik se-Indonesia pada tahun 2021. 

Dipaparkan Fatma, aspek CHSE merupakan kebutuhan dan prioritas khususnya dimasa pandemi Covid-19 dan dalam rangka menjamin keselamatan dan kesehatan para wisatawan selama beraktivitas di Desa Wisata. 

Menurut Fatma, Desa Wisata Sumberbulu memiliki daya tarik yang luar biasa memukau. Desa Wisata Sumberbulu mengusung wisata alam, budaya, eduwisata, agrowisata, pedesaan, dan petualangan yang dikemas dalam paket-paket wisata minat khusus dan camping. Semuanya mengusung prinsip wisata ramah lingkungan, selamat, dan sehat dengan penerapan protokol kesehatan serta berpedoman pada Community Based Tourism. Salah satu wisata alam yang ditawarkan Desa Sumberbulu antara lain Amazing Camp.

Kegiatan ini bersifat melatih mental, disiplin, mencintai lingkungan, menghargai alam, sekaligus menikmati keindahannya. Selain itu juga ada atraksi live in, atau kegiatan yang mengajak wisatawan merasakan aktivitas warga pedesaan. Pilihan lainnya yaitu outbound and training Desa Wisata Sumberbulu dengan metode belajar berbasis pengalaman dan mengedepankan unsur wisata.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi. Bhakti

Read Next