logo

Sekolah Kita

Guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Adakan Pengimbasan Bahasa Daerah

Guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Adakan Pengimbasan Bahasa Daerah
Kegiatan Pengimbasan Bahasa Daerah di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Selasa (12/7/2022). (EDUWARA/Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo)
Redaksi, Sekolah Kita12 Juli, 2022 22:57 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pegiat Bahasa yang juga guru Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Agung Sudarwanto, mengadakan Pengimbasan Bahasa Daerah, Selasa (12/7/2022). 

Kegiatan yang berkaitan dengan revitalisasi bahasa daerah itu diikuti perwakilan dari guru kelas II, III, dan guru mata pelajaran Bahasa Jawa sekolah tersebut.

Agung menjelaskan kegiatan pengimbasan berawal dari pelatihan yang diikutinya, yang dilaksanakan pada Senin-Jumat (4-8/7/2022) di Banjarnegara.

"Pelatihan itu mewajibkan peserta menyelenggarakan pengimbasan terhadap rekan rekan guru. Acara ini juga sesuai dengan pesan Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Ganjar Harimansyah, yakni pergaulan anak-anak sekolah tetap menggunakan bahasa Jawa di lingkungan sekolah," Kata Agung dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Selasa (12/7/2022).

Materi yang diterima Agung dalam pelatihan meliputi menulis, membaca, menganalisis, pembuatan modul, dan presentasi model aksara Jawa. Kemudian, model-model pembelajaran pidato dan praktik berpidato bahasa Jawa, dilanjutkan menulis dongeng dan praktik mendongeng.

Materi lainnya adalah menelaah model pembelajaran, teknik penyusunan modul ajar, dan praktik penerapan modul ajar dalam pembelajaran undha-usuk bahasa Jawa. Ada pula materi tentang teknik penciptaan, teknik membaca, praktik menulis, dan praktik membaca geguritan, serta cara menulis dan praktik macapat. 

Selain membuat skenario pembelajaran, kata Agung, peserta pelatihan diwajibkan menyampaikan hasil pelatihan kepada rekan guru mereka di daerahnya masing-masing. 

Selain itu, panitia pelatihan juga mengharapkan para peserta pelatihan bisa mengorganisasikan siswa-siswanya untuk mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu yang akan diselenggarakan pada awal November 2022.

“Materi dalam pengimbasan yang saya sampaikan yakni undha-usuk basa Jawa, aksara Jawa, mendongeng, geguritan, dan pidato basa Jawa,” ujar Agung.

Menurut Agung, melalui kegiatan itu, diharapkan para guru mampu menguasai materi terkait pengimbasan revitalisasi bahasa daerah. Selain itu juga bisa mengawal Kurikulum Merdeka dalam capaian pembelajaran, serta menyampaikan pembelajaran yang menggembirakan. (K. Setia Widodo/*)

Read Next