logo

Sekolah Kita

Ini Para Peraih Medali di Kompetisi Penelitian Siswa 2021

Ini Para Peraih Medali di Kompetisi Penelitian Siswa 2021
Hasil tangkap layar salah satu pemenang KoPSI 2021. (Kemendikbudristek)
Bunga NurSY, Sekolah Kita22 November, 2021 07:00 WIB

Eduwara.com, BANDUNG—Kompetisi Penelitian Siswa (KoPSI) 2021 diharapkan membuahkan cikal bakal ilmuwan kelas dunia dari Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam seremonial penutupan kompetisi yang digelar oleh  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) itu pada Sabtu, 20 November 2021. 

Ganjar mengatakan para peserta didik akan menjadi penentu perkembangan ilmu pengetahuan masa depan. 

"Siswa-siswa inilah yang akan memegang obor dan menentukan akan seberapa jauh perkembangan dunia intelektual negeri ini kelak di kemudian hari," ungkapnya seperti dikutip dari siaran pers Kemendikbudristek, Sabtu (20/11/ 2021).

Ruang intelektual ini, kata Ganjar merupakan jalan sunyi untuk membuat lompatan setinggi-tingginya dalam bidang riset dan inovasi. “Maka saya mendoakan, semoga akan lahir di antara kalian ilmuwan terkemuka kelas dunia. Lebih baik kita merasakan lelahnya pembangunan daripada meratapi pahitnya ketertinggalan.

Direktur Sekolah Menengah Atas (SMA) Kemendikbudristek Suhartono Arhan mendorong agar para peserta KoPSI dapat membuktikan penelitian dan inovasi untuk menumbuhkan semangat riset Indonesia.  "Oleh karena itu, para finalis KoPSI kalian harus membumikan penelitian dan inovasi di bumi tercinta ini," katanya.

KoPSI tahun ini masih dilaksanakan secara daring dengan memperlombakan tiga bidang yakni: Matematika, Sains, dan Teknologi (MST); Fisika Terapan, dan Rekayasa (FTR); dan Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Tahun ini, jumlah proposal yang masuk ke panitia KoPSI 2021 sebanyak 2.037 proposal penelitian dari seluruh Indonesia. Dari 2.037 proposal tersebut terseleksi sebanyak 1.175 naskah penelitian. 

Selanjutnya dari 1.175 naskah penelitian diseleksi kembali menjadi 175 naskah penelitian dari 372 siswa yang mengikuti babak final pada KoPSI 2021. Mereka berasal dari 98 SMA dan 26 MA dari 28 provinsi di Indonesia dan 1 Sekolah Indonesia Luar Negeri Jeddah. 

Setelah melalui proses seleksi pameran, presentasi, dan wawancara, berikut adalah daftar peraih medali emas dalam KOPSI 2021:

Untuk medali emas bidang Fisika Terapan dan Rekayasa diraih oleh Zaki Zaidan Akbar dan Atya Danastri Masantika, tim dari SMAN 3 Kota Malang, Jawa Timur, serta Safina Amelia Khansa dari  MAN 2 Kota Malang, Jawa Timur.

Selanjutnya, medali emas untuk bidang Ilmu Sosial dan Humaniora diraih oleh Michelle Angelica Aventha Suharly dan Michelle Sagita Gurning, tim dari SMAN 81 Jakarta, DKI Jakarta; Fachriyani Umi Zaifah dan Nawal Aulia, tim dari MAN Sidoarjo, Jawa Timur; serta Doni Muhammad Fauzi dan Enanto Harun Satrio, tim dari SMAN 1 Babadan, Jawa Timur.

Kemudian, untuk medali emas bidang Matematika, Sains, dan Teknologi diraih oleh Adilah Nur Salsabila dan Arsyadila Sophia Fidduha, tim dari SMAIT Samawa Cendikia, Sumba, Nusa Tenggara Barat; Muhammad Fajrulfalaq Izzulfirdausyah dan Davin Elian Qariru, tim dari SMAN 7 Yogayakarta, DI Yogyakarta; Putri Adinda Irmayanti dan Nadia Aulia, tim dari SMAN 1 Nunukan, Kalimantan Utara; serta Putu Mirah Wahyu Subagia Putri dan Kadek Indira Maheswari, tim dari SMAN 3 Denpasar, Bali.

Read Next