logo

Beasiswa

ISRSF Buka Arryman Scholarship untuk Studi Lanjut di SOAS University

ISRSF Buka Arryman Scholarship untuk Studi Lanjut di SOAS University
Arryman Scholarship oleh ISRSF. (EDUWARA/Dok. ISRSF)
Redaksi, Beasiswa09 November, 2022 09:33 WIB

Eduwara.com, SOLO – Indonesian Scholarship and Research Support Foundation (ISRSF) kembali membuka Arryman Scholarship untuk anak muda Indonesia yang berbakat. Beasiswa ini untuk gelar MA/PhD gabungan di bidang ekonomi dan kebijakan di SOAS University of London, Inggris. 

Beasiswa yang sudah diluncurkan sejak tahun 2012 itu bertujuan untuk menumbuhkan sarjana dan beasiswa kelas dunia untuk Indonesia.

Melansir situs resminya, ISRSF merupakan yayasan berbasis di Jakarta dan bergerak untuk memberikan beasiswa besar guna membentuk kelompok peneliti dan akademisi Indonesia kelas dunia yang baru dan dinamis. Yayasan tersebut juga memberikan hibah untuk penelitian inovatif, penciptaan pengetahuan, dan simposium tentang isu-isu sosial.

Benefit yang akan didapatkan melalui Arryman Scholarship SOAS University yakni biaya uang kuliah secara penuh, tunjangan hidup, biaya perjalanan udara pulang pergi (Jakarta-London-Jakarta). Kemudian, asuransi kesehatan pelajar, serta dukungan institusional khusus untuk penerima beasiswa.

Sekembalinya ke Indonesia, penerima Arryman Scholarship juga turut bergabung dengan konsorsium lembaga penelitian Institutes for Advanced Research (IFAR) yang bergengsi di universitas mitra di Indonesia. Mereka akan mendapatkan gaji akademik jauh di atas standar pendidikan tinggi di Indonesia, dan habitat intelektual IFAR yang bersemangat dan mendukung dengan penekanan pada penelitian dan publikasi.

Selain itu, penerima juga mendapatkan afiliasi Research Fellow dengan universitas global terkemuka (termasuk peluang untuk menjadi sarjana di tempat tinggal, akses ke perpustakaan digital mereka, dan sumber daya lainnya, red), juga akses prioritas ke hibah besar untuk penelitian, konferensi, dan simposium.

Beasiswa diberikan saat penerima masuk ke SOAS University. Penerima beasiswa juga setuju untuk mengundurkan diri dari posisi apa pun yang mereka pegang sebelum memulai studi.

Setelah lulus, penerima beasiswa diharapkan untuk bergabung dengan staf akademik dalam Konsorsium IFAR dan tidak boleh kembali ke posisi atau institusi sebelumnya kecuali jika mereka adalah anggota konsorsium.

Adapun persyaratan untuk mendaftar Arryman Scholarship yaitu berkewarganegaraan Indonesia, berkomitmen kuat setelah lulus untuk kembali dan bekerja di penelitian dan pendidikan tinggi Indonesia sebagai anggota Konsorsium IFAR.

Memiliki IPK minimal 3.0 (skala 4.0) dan bergelar sarjana (S1) atau lebih tinggi (MA/S2 tidak diperlukan). Selain itu, memiliki skor IELTS Academic for UKVI Indicator Score (dan di semua sub-skor) minimal 6.5, PTE Academic (dan di semua sub-nilai) yaitu 65, serta skor TOEFL iBT (23 di semua sub-skor) yakni 100.

Jika berencana untuk melamar, langkah pertama yang harus dilakukan oleh pendaftat beasiswa adalah segera menghubungi dua pemberi rekomendasi dan meminta mereka untuk mulai menyiapkan surat-surat. Nantinya saat mendaftar secara online, kedua pemberi rekomendasi akan secara otomatis menerima email resmi dari ISRSF dengan tombol unggah untuk surat mereka.

Adapun jadwal Arryman Scholarship sebagai berikut: batas akhir pengiriman lamaran adalah 31 Januari 2023, sedangkan batas waktu untuk menerima rekomendasi adalah 31 Januari 2023.

Wawancara finalis akan dilakukan pada Februari 2023. Pengumuman beasiswa dijadwalkan pada Maret 2023. Sedangkan pendaftaran ke SOAS University pada Maret 2023, dan mulai studi di SOAS University pada September 2023.

Informasi lengkap terkait dokumen yang dibutuhkan, laman pendaftaran, langkah-langkah pendaftaran, dan ketentuan lengkap bisa dilihat di laman resmi ISRSF Arryman Scholarship. (K. Setia Widodo)

Read Next