logo

Kampus

Jelang Milad ke-42, UMY Gelar Malam Refleksi dan Clothing Festival

Jelang Milad ke-42, UMY Gelar Malam Refleksi dan Clothing Festival
Rektorat UMY menyelenggarakan Malam Refleksi Milad UMY di Masjid Kampus UMY dengan tema 'UMY 42 Tahun, Istiqamah dalam Bekerja dan Berprestasi', Selasa (28/2/2023) malam. Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan Malam Refleksi diadakan setiap malam menjelang 1 Maret pada setiap tahun sebagai suatu momentum bagi civitas academica untuk mengingat para tokoh dalam mendirikan UMY. (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Kampus02 Maret, 2023 05:48 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Menjelang milad ke-42, berbagai kegiatan diselenggarakan di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).  Mulai Rabu (1/3/2023) sampai Jumat (3/3/2023), diselenggarakan UMY Clothing Festival di selasar Sportorium UMY.

Festival Clothing bertema 'Menumbuhkan Rasa Cinta Mahasiswa dan Masyarakat Umum terhadap UMKM Fashion dan Produk Dalam Negeri' diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UMY.

Panitia UCF 2023 Faisal Haza menyampaikan tujuan gelaran adalah mempertemukan pelaku UMKM, mahasiswa UMY serta masyarakat luas untuk bertukar pikiran dan mendukung keberlangsungan industri kreatif.

"Di UCF 2023 ini, kami akan mewadahi pertemuan antara pelaku UMKM, mahasiswa UMY serta masyarakat luas guna bertukar pikiran dan ikut menyukseskan industri kreatif yang ada," kata Faisal, Rabu (1/3/2023).

UCF 2023 menghadirkan pelaku usaha dari daerah Yogyakarta, yakni Dagadu dan Starcross dalam acara Talkshow yang bertajuk 'Cloth Talk: Dagadu dan Starcross'. Kedua merek lokal tersebut akan membahas tuntas industri kreatif yang bergerak pada bidang clothing line

Kepala Divisi Inkubasi Bisnis dan Startup Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY Siti Nur Aisyah, berharap UCF 2023 menjadi opsi menyuarakan makna atau cerita di balik suatu karya seperti sebuah baju.

"Harapannya, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat dari segi bisnis, tetapi juga nilai penting dalam menyampaikan makna dari sebuah maha karya seseorang," kata Siti. 

Sebelumnya, pada Selasa (28/2/2023) malam, Rektorat UMY menyelenggarakan Malam Refleksi Milad UMY di Masjid Kampus UMY dengan tema 'UMY 42 Tahun, Istiqamah dalam Bekerja dan Berprestasi'.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan Malam Refleksi diadakan setiap malam menjelang 1 Maret pada setiap tahun sebagai suatu momentum bagi civitas academica untuk mengingat para tokoh dalam mendirikan UMY.

"Ini agar civitas academica UMY memahami dan juga melanjutkan perjuangan itu," tegas Gunawan. 

UMY terus berkomitmen melanjutkan kiprah perjuangan para tokoh mewujudkan cita-cita menjadi kampus unggul dan terbaik. Gunawan juga berharap UMY mampu mengasilkan kader-kader terbaik Muhammadiyah yang berkontribusi untuk bangsa. 

Read Next