logo

Vokasi

Kemendag Buka Beasiswa Kuliah di Akmet, Ini Jadwalnya

Kemendag Buka Beasiswa Kuliah di Akmet, Ini Jadwalnya
Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) Kementerian Perdagangan. (EDUWARA/Dok. Akmet)
Redaksi, Vokasi20 April, 2022 03:01 WIB

Eduwara.com, SOLO – Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka kesempatan bagi putra/putri Indonesia untuk mengikuti pendidikan Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi (non ikatan dinas) di Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) secara gratis.

Dalam laman resmi Akmet dijelaskan, Akmet merupakan perguruan tinggi vokasi di bawah naungan Kemendag. Lulusan Akmet memiliki keunggulan dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemetrologian Nasional. 

Selain diajarkan ilmu metrologi, mahasiswa juga dibekali dengan ilmu instrumentasi sehingga mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dengan kemajuan alat ukur. 

Guna menunjang tujuan tersebut, Kemendag memberikan beasiswa biaya pendidikan selama enam semester. Nantinya, penerima beasiswa dibebaskan dari uang pendaftaran, uang pangkal dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) selama menjalani kuliah di kampus yang terletak di Kabupaten Bandung Barat tersebut.

Pada tahun 2022, Akmet akan menerima mahasiswa baru sebanyak 55 orang dan membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang mendapat rekomendasi dari dinas yang membidangi perdagangan kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk mendaftar melalui Jalur Kerjasama. Keseluruhan proses seleksi PMB dilaksanakan secara online.

Jalur Kerjasama terdiri atas dua kategori yakni Tes dan Undangan. Jalur Kerjasama dengan Tes diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mendapat rekomendasi dari dinas yang membidangi perdagangan dengan mengikuti serangkaian tes sebagai faktor penentu kelulusan seleksi PMB.

Sedangkan Jalur Kerjasama dengan Undangan diperuntukkan bagi siswa/siswi SMA/SMK/MA/Sederajat yang berasal dari daerah 3T dan mendapatkan rekomendasi dari dinas yang membidangi perdagangan. Khusus Jalur Kerjasama dengan Undangan hanya mengikuti seleksi psikotes dan wawancara.

Adapun jadwal pendaftaran seleksi PMB Akmet 2022 sebagai berikut, pendaftaran akan dilaksanakan pada 29 Maret-23 Mei 2022, kemudian seleksi administrasi dilaksanakan pada 24-30 Mei 2022. Pengumuman peserta yang lulus seleksi administrasi dilaksanakan 31 Mei 2022.

Pendaftar diharuskan membuat akun di laman resmi Akmet sampai 23 Mei 2022. Kemudian, pendaftar harus melengkapi data pribadi, unggah dokumen, mengisi nilai rapor, dan menjawab pertanyaan Pre-Wawancara.

Pendaftar yang lulus seleksi administrasi harus mengisi formulir kesediaan mengikuti seleksi berikutnya. Bagi yang tidak mengirimkan formulir maka dianggap mengundurkan diri. 

Informasi tahapan seleksi lanjutan, persyaratan dan ketentuan pendaftaran bisa diakses melalui website akmet.kemendag.go.id. 

(K. Setia Widodo/*)

Read Next