logo

Kampus

Latih Mahasiswa Berpikir Positif, Universitas Mercu Buana Yogyakarta Bikin Go Giver

Latih Mahasiswa Berpikir Positif, Universitas Mercu Buana Yogyakarta Bikin Go Giver
Acara mini training program Go Giver Universitas Mercu Buana Yogyakarta. (UMBY)
Setyono, Kampus10 Mei, 2022 16:37 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Digagas sejak 2018, Fakultas Psikologis Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menghadirkan program Go Giver yang bertujuan mengajak mahasiswa untuk terus berpikir dan bertindak positif.

Dalam gelaran mini training pada akhir Maret, program ini menghadirkan dosen Fakultas Psikologis UMBY Kondang Budiyani sebagai pembicara utama.

"Maret kemarin mini training yang kita gelar mengambil tema 'Pelatihan Berpikir Positif, Menjalani Kuliah Dengan Optimis' dan digelar secara online bersama 50 peserta," kata penanggung jawab unit Go Giver Nanda Yunika Wulandari seperti dilansir dalam rilis, Selasa (10/5/2022).

Nanda menjelaskan melalui pelatihan ini mahasiswa yang tengah menjalani padatnya dan dinamisnya aktivitas perkuliahan era dan pesatnya perkembangan teknologi. Dituntut perlu memiliki cara berpikir yang positif agar mampu mengatasi hambatan akademik yang dihadapi sekaligus mengurangi tingkat stress akademik.

"Berpikir positif merupakan keterampilan kognitif yang bisa dipelajari melalui suatu pelatihan." Ujarnya.

Dalam paparannya di Mini training, Kondang membahas hal-hal menarik tentang berpikir positif seperti pengertian, aspek-aspek, teori, dan tips & trik membentuk pola pikir positif.

"Proses pelatihan diawali dengan mengetahui sejauh mana cara berpikir mahasiswa terhadap diri sendiri maupun suatu kondisi tertentu, lalu perlahan mengubah pemikiran yang negatif menjadi pemikiran yang lebih positif.," terangnya.

Kondang melanjutkan, bahwa berpikir positif merupakan pemusatan perhatian pada hal-hal positif dan menggunakan bahasa yang positif untuk mengekspresikan diri.

"Berpikir positif adalah suatu cara berpikir yang lebih menekankan pada suatu sudut pandang dan emosi yang positif baik terhadap diri sendiri orang lain maupun situasi yang dihadapi di dalam dirinya," ungkapnya.

Banyak peserta yang antusias menanggapi kegiatan Mini training ini dengan bercerita tentang masalah yang sedang dihadapi, perasaan dan emosi yang dialami, serta cara berpikir mereka dalam menghadapi suatu masalah.

Proses pelatihan menjadi kesempatan peserta berkonsultasi dengan pembicara dan menjadikan mereka semakin termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, tentunya dengan pola pikir yang lebih positif.

Go Giver sendiri mulai berkegiatan pada akhir 2018 dan senantiasa berkomitmen melakukan kegiatan kolaborasi aktif dengan mengusung semangat berbagi, terkhusus bagi mahasiswa psikologi UMBY.

Namun demikian, kegiatan program ini terbuka untuk mahasiswa dari prodi di luar psikologi maupun umum sehingga konsep berbagi dan membagi ilmu yang menjadi ide dasar didirikannya Go Giver dapat senantiasa terjaga. 

Read Next