logo

Kampus

Mahasiswa Arsitektur FTUI Beri Edukasi tentang Covid-19 Melalui Mural

Mahasiswa Arsitektur FTUI Beri Edukasi tentang Covid-19 Melalui Mural
Edukasi perihal Covid-19 melalui mural yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia di RW 10, Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat ((EDUWARA/Humas UI))
Redaksi, Kampus29 November, 2021 20:16 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Edukasi perihal Covid-19 masih terus digenjot mengingat pandemi ini masih berlangsung di Indonesia. Salah satu media edukasi yang dirasakan efektif adalah melalui mural. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melalui program Pengabdian Masyarakat (Pengmas).

Pembuatan mural dilakukan di dinding rumah warga dan jalanan di wilayah RW 10 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Mural ini berisi pesan untuk menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19, dan anjuran menjaga kesehatan anak balita. Melalui pesan di mural tersebut, diharapkan masyarakat menyadari pentingnya memelihara kesehatan.

Tubagus Syarif  Hidayatullah selaku Penangggung Jawab Kegiatan mengatakan, acara Pengmas dimulai sejak 4 September 2021 dan diawali dengan kegiatan survei. Kemudian pada 25 September 2021 dilakukan kegiatan focus group discussion (FGD) antara mahasiswa dan warga hingga menghasilkan kesepakatan pembuatan mural di lingkungan RW 10.

“Pada 30 Oktober hingga 7 November 2021 dilaksanakan proses pembuatan mural yang melibatkan 10 orang mahasiswa FTUI dibantu anggota Karang Taruna RW 10,” ujar Tubagus dalam siaran pers yang dikirimkan Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia kepada redaksi Eduwara.com, Senin (29/11/2021).

Tubagus mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran selama kegiatan pengabdian masyarakat hingga dapat terlaksana hingga hari terakhir.

Lurah Bakti Jaya Iwan Herukusumo mengatakan, wilayah RW 10 merupakan kampung percontohan karena telah menjadi kampung hijau terbaik pada tingkat kota dan provinsi selama empat kali berturut-turut. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada tim Pengmas UI yang telah melaksanakan kegiatan ini dan bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat. Harapan kami, kegiatan ini terus dilanjutkan dan terus memberikan energi positif bagi masyarakat,” tutur Iwan. Bhakti

Read Next