logo

Kampus

Mahasiswa UMM Raih Juara II Kejuaraan Roundnet Nasional

Mahasiswa UMM Raih Juara II Kejuaraan Roundnet Nasional
Mahasiswa UMM tengah berlaga roundnet di Bandung, Minggu (16/1/2022). (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus26 Januari, 2022 00:37 WIB

Eduwara.com, MALANG — Defrian Dekimugti dan Ahmad Anang Ma'ruf, dua mahasiswa Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menjadi juara dua Kejuaraan Roundnet Nasional dalam gelaran Piala Gubernur Jawa Barat, di Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Minggu (16/1/2022).

Defrian, salah satu anggota tim mengatakan, sebagai olahraga yang baru masuk di Indonesia roundnet ini cukup unik. Ada kemiripan dengan voli, badminton, basket, bahkan juga tenis meja. Ada gerakan smash seperti di voli, perhitungan poin juga mirip dengan badminton, pemantulan bola juga sama dengan basket serta tenis meja.

Adapun dalam satu tim terdapat dua orang yang saling bekerja sama. "Meskipun saya baru mulai bermain September lalu, tapi saya sangat menikmati olahraga ini karena menyenangkan. Saya baru berlatih dengan serius sejak Desember tahun lalu bersama Anang dalam rangka mengikuti beragam turnamen," ungkapnya, Selasa (24/1/2022).

Mahasiswa asli Balikpapan ini mengatakan kompetisi tersebut diperuntukkan bagi umum, jadi tidak terbatas pada mahasiswa saja. Ada lebih dari 35 tim yang turut serta dan bersaing satu sama lain, mulai peserta dari Sumatera, Jawa hingga Bali.

Menurutnya, roundnet memang belum begitu populer, Namun seiring dengan banyaknya kompetisi, maka dirinya percaya banyak orang yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak. Apalagi semakin maraknya komunitas yang menjamur di berbagai kota seperti Bandung, Surabaya dan juga Malang.

Meski sukses membawa pulang piala, namun dia dan Anang bukan tanpa kendala. Mereka kurang begitu tahu peraturan baku pertandingan roundnet sesungguhnya. Ditambah lagi, ini adalah kompetisi pertama mereka. Perasaan gugup tentu terus menghampiri meskipun sudah berlatih mati-matian.

"Mental memang hal yang harus dipersiapkan dalam sebuah pertandingan. Saya dan Anang seringkali deg-degan, terutama di babak final di mana kami harus menghadapi tuan rumah. Setiap mencetak angka sorak-sorai ramai terus digaungkan para suporter," kata Defrian.

Dia berharap, roundnet bisa berkembang lebih baik lagi di UMM dengan membangun Unit Kegiatan Mahasiswa. Dengan begitu, regenerasi bisa berjalan dengan baik dan menciptakan prestasi-prestasi baru.

Begitupun dengan organisasi pusat roundnet yang diharapkan bisa memberikan lebih banyak sosialisasi agar olahraga ini bisa semakin terkenanl di kalangan masyarakat. 

Read Next