logo

Vokasi

Masih Bingung Cari Kampus? Tiga Politeknik Milik Kementerian Ini Layak Dicoba

Masih Bingung Cari Kampus? Tiga Politeknik Milik Kementerian Ini Layak Dicoba
Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip). Para mahasiswa Poltekip di Kampus Poltekip, Gandul, Kota Depok, Jawa Barat. (Istimewa)
Bhakti Hariani, Vokasi14 Maret, 2022 20:15 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Masih bingung untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA/ SMK/MA? Tiga politeknik milik kementerian ini layak jadi bahan pertimbangan. Dilansir dari situs resmi masing-masing politeknik, inilah tiga politeknik tersebut:

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Politeknik SSN)

Poltek SSN merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Berlokasi di Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia.

Poltek SSN memiliki 3 (tiga) Program Studi Diploma IV (empat), yakni Program Studi Rekayasa Keamanan Siber, Program Studi Rekayasa Kriptografi, Program Studi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi.

Lulusan Poltek SSN diharapkan memiliki kemampuan menumbuhkembangkan kreativitas dan pemikiran untuk mewujudkan keseimbangan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual sebagai kader pemerintahan di bidang keamanan siber dan persandian.

2. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang terletak di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, didirikan atas pertimbangan adanya kebutuhan sumber daya manusia di bidang pemasyarakatan. Poltekip berlokasi di Gandul, Kota Depok, Jawa Barat.

Politeknik ini didirikan sebagai Kawah Candradimuka kader-kader Pemasyarakatan di Indonesia dan memiliki tugas pokok melaksanakan pendidikan pada jalur pendidikan profesional program Diploma IV yang ditujukan pada keahliaan khusus di bidang Pemasyarakatan.

Poltekip memiliki tiga program studi yakni Diploma Empat (D IV) Manajemen Pemasyarakatan, D IV Teknik Pemasyarakatan, D IV Bimbingan Pemasyarakatan.

3. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Politeknik Imigrasi adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Poltekim yang sebelumnya dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM). Poltekim berlokasi di Gandul, Kota Depok, Jawa Barat.

Program Studi (Prodi) politeknik ini terdiri atas:

a. Diploma Empat (D IV) Manajemen Teknologi Keimigrasian

Program ini menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan akademik dan profesional yang mampu merancang, menganalisis, dan mengimplementasikan teknologi informasi serta jaringan khususnya dalam bidang keimigrasian.

b. D IV Administrasi Keimigrasian

Prodi ini menghasilkan lulusan yang memahami dan memiliki berbagai macam kompetensi terkait dengan administrasi keimigrasian, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan pekerjaan bidang keimigrasian baik lokal, nasional, regional, maupun internasional.

c. D IV Hukum Keimigrasian

Prodi ini menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan penguasaan ilmu hukum keimigrasian untuk memecahkan permasalahan hukum yang terjadi di imigrasi dan mendorong adanya perkembangan hukum keimigrasian baru yang lebih responsif dan bermanfaat bagi masyarakat.

d. Prodi D III Keimigrasian

Prodi ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teknis dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan teknis substantif Keimigrasian yang mampu berfikir analitik dan konseptual dalam mengembangkan Keimigrasian.

Ketiga politeknik ini belum membuka pendaftaran mahasiswa baru. Namun, dapat dipastikan akan dibuka untuk tahun penerimaan mahasiswa baru tahun 2022. Informasi lebih lanjut untuk penerimaan bisa dipantau terus di Eduwara.com, ya…

Read Next