logo

Kampus

Mau Daftar MSIB Batch 2? Simak Langkah dan Tips Berikut...

Mau Daftar MSIB Batch 2? Simak Langkah dan Tips Berikut...
Pemaparan Cyntia Dewi Fortuna dalam sosialisasi daring Kupas Tuntas Magang Studi Independen Bersertifikat 2022, Sabtu (8/1/2022). (Eduwara.com/Istimewa Zoom Sosialisasi)
Redaksi, Kampus09 Januari, 2022 06:05 WIB

Eduwara.com, JAKARTA–Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek melalui kebijakan Merdeka Belajar

Syarat pendaftar program itu, mahasiswa dari kampus naungan Kemenristek Dikti dengan minimal semester V jenjang S1, sedangkan jenjang D3 minimal semester IV. Program itu nantinya dilakukan selama satu hingga dua semester. Mahasiswa yang diterima akan mendapatkan jaminan SKS, sertifikat, dan subsidi biaya selama pelaksanaan program.

Di tahun 2022 program tersebut kembali dibuka dengan kuota 25.000 mahasiswa. Dalam rangka mengenalkan dan memberikan informasi tentang program itu, Tim MSIB Kampus Merdeka menyelenggarakan sosialisasi daring dengan tajuk Kupas Tuntas Magang Studi Independen Bersertifikat 2022, Kamis-Sabtu (6-8/1/2022) dengan empat sesi setiap harinya.

Di hari ketiga, Sabtu (8/1/2022), sosialisasi daring sesi pertama disampaikan oleh Tim Subpokja MSIB, Ria Aprilia dan peserta program MSIB 2021, Chyntia Dewi Fortuna. Sesi pertama diikuti oleh 700-an mahasiswa dari perguruan tinggi wilayah barat. Sebagai peserta yang lolos di program MSIB 2021, Chyntia memaparkan langkah dan tips yang harus dipersiapkan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program MSIB. yaitu:

1. Pendaftaran

Mahasiswa mendaftar melalui web kampusmerdeka.kemdikbud.go.id kemudian pilih daftar dan pilih peran sebagai mahasiswa. Kemudian lengkapi isian pendaftaran dan cek kesesuaian data. Selanjutnya aktivasi email dan pilih program magang atau studi independen yang sesuai minat masing-masing.

2. Pilih program MSIB versi terbaik

Chyntia memaparkan dalam pemilihan program, mahasiswa harus memahami value dan passion masing-masing. Hal itu berimbas pada rencana karir masa depan dan pertimbangan mengenai kompetensi yang akan dikembangkan. Selain itu juga harus memperhatikan mata kuliah wajib yang belum diambil sehingga tidak ada hambatan dalam menjalankan program.

3. Persiapkan CV yang menarik

Pendaftar MSIB langsung diseleksi oleh mitra program, maka mahasiswa harus mempersiapkan CV guna memperbesar peluang kelolosan. Menurut Chyntia isi dari CV yaitu data personal, informasi kontak, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, serta kemampuan yang relevan dengan posisi yang diinginkan.

4. Tampilkan kesan terbaik saat interview

Saat interview diusahakan penampilan terlihat rapi, kemudian penataan ruangan juga mendukung seperti cukup penerangan dan tidak ramai. Selain itu konten yang disampakan sesuai dengan pembahasan serta tetap berpikir positif.

5. Diskusikan dengan dosen pembimbing

Komunikasi dengan dosen pembimbing sangat dibutuhkan sehingga tidak ada hambatan dalam menjalankan program. Chyntia menyarankan agar mahasiswa mendiskusikan rencana karir dan program MSIB yang dipilih. Terlebih lagi terkait konversi SKS dan mata kuliah wajib yang harus diambil.

Adapun jadwal pendaftaran program MSIB Batch 2 dimulai pada tanggal 7-14 Januari 2022. Setelah pendaftaran ditutup akan dilakukan seleksi dan penerimaan calon peserta program serta konsolidasi dengan kampus asal mahasiswa. Sedangkan proses onboarding mahasiswa ke program mitra MSIB dilaksanakan Februari 2022. (K. Setia Widodo)

 

Editor: Riyanta

Read Next