logo

Kampus

Meriahkan Hari Jadi Ke-64, UMS Gelar Turnamen Tenis Lapangan dan Futsal

Meriahkan Hari Jadi Ke-64, UMS Gelar Turnamen Tenis Lapangan dan Futsal
Turnamen tenis lapangan dalam rangka Hari Jadi Ke-64 UMS, Sabtu (24/9/2022). (EDUWARA/Dok. UMS)
Redaksi, Kampus24 September, 2022 21:06 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan turnamen tenis lapangan, Sabtu (24/9/2022). Turnamen tersebut digelar di Lapangan Tenis UMS.

Salah seorang panitia, Bana Handaga mengatakan turnamen tersebut diselenggarakan dengan pertandingan antar guru Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Solo Raya.

“Untuk meramaikan kegiatan ini, UMS juga menerjunkan dua tim,” papar Bana seperti dilansir Eduwara.com, Sabtu (24/9/2022), dari laman resmi UMS.

Turnamen tenis merupakan serangkaian acara kegiatan yang diadakan oleh UMS untuk menyambut dan memeriahkan acara Hari Jadi UMS yang diikuti oleh 10 SMA se-Solo Raya.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menjalin silaturahmi dan menyambut kemeriahan Hari Jadi UMS dan 10 peserta sekolah Se-Solo Raya hadir ikut meriahkan acara,” ujar koordinator bazaar, jalan sehat, olahraga seni Hari Jadi ke-64 UMS, Suyatmin.

Suyatmin berharap kegiatan itu selain menjalin silaturahmi juga akan mempererat hubungan yang sudah terjalin serta mengenalkan UMS lebih dekat. 

Panitia lainnya, Winarto, menyebutkan wasit pertandingan diambil dari Komisi Wasit Tenis Lapangan Solo. Menurut dia, hal tersebut bertujuan untuk adilnya pertandingan.

Turnamen Futsal

Selain turnamen tenis lapangan, UMS juga mengadakan pertandingan futsal yang melibatkan pelajar SMA/SMK se-Solo Raya, Kamis-Jumat (22-23/9/2022) di Kampus Futsal, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Selain bertujuan memperingati Hari Jadi UMS, turnamen futsal juga bertujuan meningkatkan potensi olahraga futsal di Karesidenan Solo serta berpartisipasi dalam rangka program pembangunan nasional khususnya di bidang olahraga.

Adapun juara satu dari Futsal SMA/SMK Se-Solo Raya ini adalah SMKN 2 Solo, selanjutnya juara 2 dari SMAN 6 Solo, lalu yang mendapatkan juara 3 yaitu SMKN 9 Solo, dan juara 4 yaitu SMAN 2 Solo. Tak hanya itu saja bagi juara 1 berkesempatan untuk bertanding dengan mahasiswa Internasional UMS.

Ketua Pelaksana, Candra Rusliyanto menyampaikan futsal merupakan jenis olahraga yang banyak digemari oleh kalangan pemuda terutama oleh pelajar. Selain itu tidak memerlukan fasilitas yang mahal, olahraga ini hampir tiap orang dapat melaksanakannya.

“Olahraga futsal sudah banyak digemari khususnya oleh para generasi muda. Olahraga tersebut dapat dikatakan mirip dengan cabang olahraga lain, yaitu sepak bola,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Jadi ke-64 UMS, Kelik Wardiono menyampaikan olahraga futsal dapat menjaga tingkat kesehatan fisik, sehingga mahasiswa atau pelajar menjadi sehat baik jasmani maupun rohani.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan dan menumbuhkan semangat kekeluargaan dan sikap sportifitas antar sesama tim futsal,” terangnya.

Harapannya, sambung dia, semoga kegiatan itu memberikan motivasi kepada atlet futsal, pelatih, dan para official setelah hampir dua tahun tanpa kompetisi langsung.

"Semoga dengan kompetisi secara langsung ini sebagai awal yang baik setelah pandemi Covid-19," harap dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next