logo

EduBocil

Tingkatkan Kesehatan Anak, RA Palma Kenalkan Renang sejak Dini

Tingkatkan Kesehatan Anak, RA Palma Kenalkan Renang sejak Dini
Siswa Raudhatul Athfal Paripurna Al Ma'shum (RA Palma) berlatih renang di kolam renang Birona Resto, Mojosongo, Solo, Kamis (15/09/22). (EDUWARA/Kemenag Solo)
Redaksi, EduBocil18 September, 2022 20:13 WIB

Eduwara.com, SOLO – Sebanyak 94 siswa Raudhatul Athfal Paripurna Al Ma’shum (RA Palma) mengikuti kegiatan renang di kolam renang Birona Resto, Mojosongo, Solo, Kamis (15/09/22). Kegiatan tersebut dilaksanakan karena renang merupakan salah satu olahraga sunah yang bisa diajarkan kepada anak sejak usia dini.

Renang dilakukan di kolam renang terbuka agar peserta didik tidak bosan untuk belajar di dalam kelas. Peserta didik berangkat dari RA Palma yang beralamat di Clolo, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo menuju kolam renang Birona Resto yang beralamat di Kepuhsari, Mojosongo, Jebres, Kota Solo.

Kepada peserta didik diberikan latihan dasar renang, yaitu tahapan pengenalan air, latihan mengapung, latihan pernafasan, latihan gerakan kaki, latihan gerakan lengan dan tangan.

Ita, salah satu guru renang, mengatakan olahraga renang dilakukan setiap sebulan sekali. Pada Agustus 2022, olahraga renang diadakan di kolam renang Ringin Pitu.

Menurut Ita, anak usia dini perlu dilatih renang, terutama latihan dasar renang, untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan, melatih kekuatan otot, serta meningkatkan stamina.

“Anak yang rutin berenang juga cenderung memiliki keseimbangan dan postur tubuh yang lebih baik,” ucap Ita seperti dilansir Eduwara.com, Sabtu (17/9/2022), dari laman Kementerian Agama Kota Solo.

Tak hanya itu, lanjut Ita, manfaat besar dari berenang adalah benar-benar melatih seluruh tubuh, dari ujung kepala hingga ujung kaki, mulai dari meningkatkan detak jantung, mengencangkan otot, membangun kekuatan hingga daya tahan tubuh.

“Diharapkan kegiatan renang ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik, rasa syukur kepada Allah, dan memupuk rasa keberanian si anak ketika berada di dalam air, sehingga anak sehat, smart, dan taat dengan mengikuti olahraga renang,” pungkas dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next