logo

Kampus

Miliki Gedung Riset dan Inovasi, UMY Fokus Membantu UMKM

Miliki Gedung Riset dan Inovasi, UMY Fokus Membantu UMKM
Kepala Lembaga Riset dan Inovasi UMY, Dyah Mutiarin berkomitmen akan fokus membantu kalangan UMKM di DIY mengembangkan usaha terutama dalam marketplace. (EDUWARA/Setyono)
Setyono, Kampus29 Agustus, 2022 23:40 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Kepala Lembaga Riset dan Inovasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dyah Mutiarin, berkomitmen pihaknya akan fokus membantu kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha.

Hal ini disampaikan Dyah di sela-sela kegiatan 'Research and Innovation Expo & Peresmian SUMBER UMKM, Collaborate More, Stronger Together' di Gedung Dasrom Hamid Research and Innovation Center UMY, Senin (29/8/2022) siang.

"Acara ini merupakan hasil sinergitas dalam pemberdayaan UMKM secara continue yang sudah berjalan setahun terakhir. Ada sebanyak 34 inovasi terapan bagi UMKM yang kami pamerkan," kata Dyah.

Bekerja sama dan mendapatkan dukungan penuh dari BRI, Dyah menjelaskan berbagai riset yang dilakukan oleh para akademik dari UMY maupun dari luar negeri ini fokus mengusung konsep pengembangan marketplace sebagai alat penunjang utama penguatan UMKM.

"Konsep pemberdayaan UMKM melalui metode pengembangan marketplace dipilih dengan tujuan membingkai perajut ekonomi kreatif masyarakat," paparnya.

Dyah menegaskan, UMY sekarang dan dalam beberapa tahun ke depan tidak hanya UMY sekedar terfokus pada penelitian akademis semata namun akan merepresentasikan ruang akademik yang inklusif guna menjawab problematika masyarakat.

"Sampai 2024 kami masih fokus pada penelitian dan pengembangan dengan UMKM di DIY. Baru setelah 2025, kami akan mencoba keluar. Ini merupakan perwujudkan satu misi besar dari UMY menuju Research Excellent University," ucapnya.

Acara diawali dengan talkshow bersama mitra serta pengenalan produk inovasi hasil penelitian perguruan tinggi kepada peserta undangan yaitu dari industri, pemerintahan dan masyarakat.

Pengenalan produk inovasi dilakukan melalui presentasi dan pembagian katalog produk inovasi perguruan tinggi yang dilaksanakan pada setiap ruangan berbasis cluster.

Dengan pameran ini, Dyah menyatakan pihaknya maupun peserta lainnya dalam melihat peta maupun kebutuhan riset serta inovasi yang dibutuhkan oleh para mitra dan pengembangan pendirian forum kolaborasi baik dalam riset maupun komersialisasi produk inovasi perguruan tinggi.

Read Next