logo

Kampus

Pacu Kolaborasi Pendidikan dan Pengabdian, UMBY Gandeng Universitas Wijaya Putra

Pacu Kolaborasi Pendidikan dan Pengabdian, UMBY Gandeng Universitas Wijaya Putra
Pacu Kolaborasi Pendidikan dan Pengabdian, UMBY Gandeng Universitas Wijaya Putra (Istimewa)
Setyono, Kampus01 Agustus, 2022 09:52 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Berupaya terus meningkatkan kualitas pendidikan dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) gencar menjalin kerjasama antar universitas, salah satunya Universitas Wijaya Putra.

 UMBY menjalin kerja sama dengan Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya yang meliputi empat fakultas yaitu Fakultas Agroindustri UMBY dengan Fakultas Pertanian UWP, Fakultas Psikologi UMBY dengan Fakultas Psikologi UWP, Fakultas Ekonomi UMBY dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UWP, dan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UMBY dengan Fakultas Teknik UWP.

Dalam rilis ke Eduwara.com, Senin (1/8/2022), kerjasama antar kedua universitas ini resmi ditandatangani pada Jumat (29/7/2022) siang dengan melibatkan dua rektor langsung.

Rektor UMBY Agus Slamet menyampaikan di era MBKM, kerja sama antar universitas menjadi hal penting. Sebab ini menjadi faktor utama kinerja perguruan tinggi dalam tri dharma yang terdiri atas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat .

"Setiap kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat memerlukan kolaborasi antar perguruan tinggi baik itu universitas maupun fakultas. Harapannya, semoga silaturahmi ini bisa terus terjalin untuk mencerdaskan anak muda generasi bangsa," tuturnya.

Dekan Fakultas Agroindustri UMBY Chatarina Lilis  Suryani program yang nanti diimplementasikan dalam kerjasama ini mengarah pada spesifikasi antar program studi atau fakultas.

"Harapannya, hasil kerjasama ini bisa segera diimplementasikan dalam bentuk pengabdian masyarakat dan juga penelitian yang nantinya akan bermanfaat bagi dua institusi baik itu UMBY maupun UWP," tandasnya.

Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UMBY, Anief Fauzan Rozi mengatakan nota kesepahaman antar universitas ini bisa diimplementasikan khususnya di MBKM.

"Saya sangat mendukung dengan adanya kerja sama ini. Untuk Fakultas Teknologi Informasi sendiri, kita perlu melihat mengenai kurikulum Fakultas Teknik di UWP sudah sejauh apa dan hal tersebut perlu kita eksplor lebih dalam lagi," jelasnya

Rektor UWP Budi Endarto berharap kerjasama bisa bersinergi dengan baik, melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta memperluas jaringan relasi dan kemitraan. 

Tags:kampus

Read Next