logo

Sekolah Kita

Pemkot Solo Naikkan Anggaran Dana Bantuan Pendidikan Masyarakat 2022

Pemkot Solo Naikkan Anggaran Dana Bantuan Pendidikan Masyarakat 2022
epala bidang SD Dinas Pendidikan Solo Tarno saat dijumpai Eduwara.com di kantornya, Jumat (4/2/2022). (Eduwara/M/ Diky Praditia)
M. Diky Praditia, Sekolah Kita04 Februari, 2022 18:59 WIB

Eduwara.com, SOLO—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo menaikan anggaran dana Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Solo (BPMKS) 2022. Kenaikan anggaran mencapai dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Kepala bidang SD Disdik Solo menerangkan tahun 2022 ini total anggaran dana BPMKS sebesar Rp8,91 miliar. Dana tersebut akan dibagikan kepada 12.489 siswa SD dan 7540 siswa SMP di Kota Solo. "Untuk jejang SD total dananya mencapai Rp 5,1 miliar, sedangkan SMP sebesar Rp 3,8 miliar," kata Tarno kepada eduwara.com, Jumat (4/2/2022).

Tarno melanjutkan, untuk siswa SD kelas I—V masing-masing anak akan mendapatkan dana senilai Rp450.000, kelas VI mendapatkan Rp225.000, sementara untuk siswa SMP kelas VII—VIII mendapatkan dana sebesar Rp600.000, siswa kelas IX Rp300.000.  "Tahun lalu untuk jenjang SD hanya mendapatkan Rp. 225.000 saja. Begitu juga dengan SMP hanya setengah dari anggaran tahun ini. Jadi ada peningkatan dua kali lipat," ungkap dia.

Menurutnya, meski dana yang dikucurkan mengalami kenaikan, siswa tidak menerima bantuan dalam bentuk uang tunai. Melainkan dalam bentuk barang.  "Jadi kami bekerja sama dengan toko-toko di Solo yang sudah dipilih menjadi mitra BPMKS. Nantinya siswa bisa membelanjakan uangnya secara online di toko yang sudah disediakan," ujarnya.

Mekanisme penyaluran bantuan ada dua cara, pertama, siswa bisa langsung berbelanja online secara mandiri di toko mitra. Kedua, bagi siswa yang terkendala atau tidak mempunyai smartphone, maka pencairan bisa melalui sekolah. 

"Siswa yang mungkin ada masalah soal HP, nanti bisa dibantu oleh sekolah yang bersangkutan. Nanti siswa diberi formulir, kemudian mengisi apa saja barang yang akan dibelanjakan. Sekolah memesankan dan memberikan kepada siswa," turut Tarno.

Tarno yang sekaligus Koordinator BPMKS Disdik Solo itu menargetkan bantuan tersebut dapat dicairkan Maret atau April mendatang.  "Kata kuncinya sebelum kelas VI SD dan kelas IX SMP lulus tahun ini," pungkas dia.

Read Next