logo

Kampus

Pendaftaran UTBK Sudah Dibuka, Pusat Ujian Tersebar di 74 Kampus

Pendaftaran UTBK Sudah Dibuka, Pusat Ujian Tersebar di 74 Kampus
Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2022, secara daring, Jumat (28/1/2022). (Unnes)
Bunga NurSY, Kampus24 Maret, 2022 10:51 WIB

Eduwara.com, BALIKPAPAN— Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 sudah dibuka sejak 23 Maret 2022 hingga 15 April 2022. Sebanyak 74 perguruan tinggi negeri telah mempersiapkan diri untuk menjadi pusat ujian.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melansir bahwa ada tiga kelompok ujian dalam UTBK ini, yakni Saintek, Soshum, dan Campuran. UTBK tahun ini dapat diikuti siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari tingkat SMA/sederajat serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.

Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN.

Materi yang diujikan pada UTBK meliputi tes potensi skolastik (TPS), tes kemampuan bahasa Inggris (TKBI), dan tes kemampuan akademik (TKA). 

TPS mengukur kemampuan kognitif berupa kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sementara itu, TKBI mengukur kemampuan bahasa Inggris peserta yang dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi. TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan peserta yang sudah diajarkan di tingkat sekolah.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Tes lebih ditekankan pada higher order thinking skills (HOTS).

Secara spesifik mekanisme dan sosialisasi UTBK-SBMPTN akan dilakukan sampai dengan 15 April 2022.

Tahun ini, lanjutnya, terdapat 125 perguruan tinggi yang bergabung dalam seleksi mahasiswa baru di bawah koordinasi LTMPT. Perinciannya, 75 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik jenjang Sarjana dan D4, 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan 39 PTN Vokasi (Politeknik Negeri).

Read Next