logo

Gagasan

Peringati Hardiknas, Wali Kota Malang : Jadikan Momentum Perbaikan

13 Mei, 2022 19:12 WIB
Peringati Hardiknas, Wali Kota Malang : Jadikan Momentum Perbaikan
Wali Kota Malang, Sutiaji, menyerahkan penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi Kota Malang mulai dari prestasi tingkat internasional, nasional dan provinsi pada Upacara Peringatan Hardiknas, Jumat (13/5/2022). (Istimewa)

Eduwara.com, MALANG—Wali Kota Malang Sutiaji meminta untuk menjadikan momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022 untuk memperkuat Indonesia.

Menurut dia, melalui peringatan Hari Pendidikan Nasional, semua pihak harus mengembangkan  potensi sekolah menjadi  luar biasa, adat istiadat yang luar biasa dengan  tujuan tertancapnya bendera merah putih yang berkibar selama-lamanya di seluruh penjuru Indonesia. 

 "Mudah-mudahan dengan peringatan hari pendidikan nasional ini kita mampu mendidik diri kita, kita mampu mendidik keluarga kecil kita, kita mampu mendidik orang-orang di sekeliling kita, sehingga kita dapat menjadi orang yang berpengaruh bagi lingkungan sekitar kita" ujarnya pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022, Jumat (13/5/2022).

Acara ini diikuti oleh seluruh insan pendidikan se-Kota Malang seperti Kepala TK, SD, SMP, SMA juga Kepala SMK Negeri maupun swasta didampingi pengawas serta jajaran Forkopimda Kota Malang termasuk anggota DPRD maupun kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Malang.

Sutiaji mengutip Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, yang menegaskan selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama. Ke depan, masih akan ada rintangan yang jauh lebih tinggi.

"Kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk merdeka belajar," kata Sutiaji.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Suwarjana menambahkan guru harus menjadi fasilitator yang baik dalam merdeka belajar. 

“Kewajiban guru adalah untuk membimbing anak untuk karakter timbul kemudian kreativitas timbul dengan sendirinya. Sumber belajar tidak hanya di dalam kelas, dimanapun bisa dipakai untuk sumber belajar,” tegasnya.

Read Next