logo

Kampus

Perluas Pendidikan ke Luar Negeri, UNY – USTP Jalin Kerja Sama

Perluas Pendidikan ke Luar Negeri, UNY – USTP Jalin Kerja Sama
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerja sama dengan University of Science and Technology of Southern Philippines (USTP) sebagai upaya untuk memperluas bidang pendidikan dan praktik mengajar, khususnya di luar negeri. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan secara daring pada Selasa (19/4/2022). UNY diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Margana dan USTP diwakili Vice Chancelor Academic Affairs USTP-CDO Amparo Vedua-Dinagsao. (EDUWARA/Humas UNY)
Setyono, Kampus20 April, 2022 20:10 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebagai upaya untuk memperluas bidang pendidikan dan praktik mengajar, khususnya di luar negeri, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerja sama dengan University of Science and Technology of Southern Philippines (USTP).

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan secara daring pada Selasa (19/4/2022). UNY diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Margana dan USTP diwakili Vice Chancelor Academic Affairs USTP-CDO Amparo Vedua-Dinagsao.

"Kami sangat menyambut baik kerja sama ini dan diharapkan dapat menjangkau semua bidang, terutama bidang pendidikan dan juga praktik mengajar. Sebelumnya, UNY sudah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Filipina," kata Margana dalam rilis yang diterima Eduwara.com, Rabu (20/4/2022).

Tidak hanya itu, lewat kerja sama ini menjadi kesempatan bagi UNY maupun USTP untuk memperluas penyelesaian masalah tentang program akademik, sekaligus internasionalisasi institusi termasuk di dalamnya program studi, mahasiswa, serta mobilitas dosen dan tenaga kependidikan.

Margana juga memaparkan UNY telah mempunyai program double degree dengan Ataneo de Manila University. Kemudian, pada 2017 UNY menggandeng Pangasinan State University untuk program magang.

"Harapannya setelah penandatanganan kesepakatan ini, UNY dan USTP dapat bermitra dalam kegiatan joint research, joint publication, joint curriculum, visiting professor, transfer kredit, seminar dan konferensi dalam area pendidikan dan pelatihan guru," harap Margana.

Mewakili USTP, Amparo Vedua-Dinagsao mengatakan hadirnya hubungan kemitraan antara USTP dan UNY tidak hanya berguna bagi kedua perguruan tinggi namun juga bagi kedua negara, siswa dan stakeholder lain.

"Ke depan, USTP dan UNY akan berbagi pengalaman serta budaya untuk mengetahui kekayaan tradisi masing-masing di kedua negara. Juga termasuk kegiatan visiting professor untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Demikian sebaliknya," kata Amparo.

Menurut USTP System President, Ambrosio B Culture II, Filipina membuka kesempatan kerja sama seluas-luasnya dengan pemerintah, industri dan akademisi.

"Kegiatan ini merupakan kerja sama dua institusi yang memiliki visi yang sama dan kami percaya dengan kekuatan kolaborasi ini," kata Ambrosio B Culture.

Universitas Sains dan Teknologi Filipina Selatan (USTP) adalah universitas negeri yang didirikan pada 16 Agustus 2016 berdasarkan Undang-Undang Republik 10919 melalui penggabungan Universitas Sains dan Teknologi Mindanao (HARUS) di Cagayan de Oro City, Misamis Oriental dan Sekolah Tinggi Pertanian dan Teknologi Negeri Misamis Oriental (MOSCAT) di Claveria, Misamis Oriental.

Kedua kampus tersebut terletak di Mindanao Utara, yang menawarkan keuntungan lokasi yang strategis bagi institusi untuk melatih dan mengembangkan mahasiswa dari semua wilayah lain di Mindanao.

Read Next