logo

Beasiswa

Registrasi Akun Beasiswa Pendidikan Indonesia Sudah Dibuka, Cek Ragam Jenisnya!

Registrasi Akun Beasiswa Pendidikan Indonesia Sudah Dibuka, Cek Ragam Jenisnya!
Registrasi akun Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) sudah dibuka mulai Senin, (11/4/2022). Program tersebut merupakan perluasan dari program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dilaksanakan oleh Kemendterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (Kemendikbudristek)
Redaksi, Beasiswa11 April, 2022 13:55 WIB

Eduwara.com, SOLO – Registrasi akun Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) sudah dibuka mulai Senin, (11/4/2022). Program tersebut merupakan perluasan dari program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dilaksanakan oleh Kemendterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Beasiswa tersebut mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang ada di LPDP melalui pemberian beasiswa bergelar (degree) untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3, dan non-gelar (non-degree) di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Melalui Program BPI, penerima beasiswa akan menerima pembiayaan-pembiayaan meliputi Dana Pendidikan yaitu SPP, biaya pendaftaran, tunjangan buku, bantuan penelitian tesis/disertasi, bantuan seminar internasional, dan publikasi jurnal internasional.

Selain itu juga mendapatkan Dana Pendukung yakni transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, dana kedatangan, biaya hidup bulanan, biaya keadaan darurat, serta dana tunjangan keluarga S3 (Doktoral) maksimal empat tahun.

Lebih lanjut, bagi penerima beasiswa dengan kebutuhan khusus (disabilitas) dapat memperoleh tambahan biaya pendukung yaitu dana aplikasi visa, transportasi, asuransi kesehatan, dan tunjangan yang diperuntukkan kepada pendamping.

Durasi maksimal pembiayaan beasiswa untuk masing masing jenjang adalah maksimal 48 bulan atau 4 tahun (D4/S1), maksimal 24 bulan atau 2 tahun (S2), dan maksimal 48 bulan atau 4 tahun (S3).

Syarat Peserta dan Jenis Beasiswa

Pendaftar merupakan semua Warga Negara Indonesia yang memenuhi ketentuan persyaratan BPI. Terutama siswa dan mahasiswa berprestasi, guru, dosen, tenaga kependidikan, pelaku budaya, dan peneliti di bidang kesehatan. 

Perlu diperhatikan, untuk dapat mendaftar BPI, calon penerima beasiswa wajib mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dan Conditional dari Universitas tujuan studi terlebih dahulu.

Kemudian minimal program studi dan perguruan tinggi asal terakreditasi B atau Baik Sekali. Mahasiswa on going yang telah menempuh S1, S2, dan S3 tidak bisa menerima beasiswa tersebut, kecuali penerima beasiswa calon guru SMK Dalam Negeri.

Adapun jenis beasiswa yang segera dibuka sebagai berikut:

1. Beasiswa S1 / D4 Calon Guru SMK (Dalam Negeri)

2. Beasiswa S1 Pelaku Budaya (Dalam Negeri)

3. Beasiswa S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Akademik (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

4. Beasiswa S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Akademik Joint Degree/Double Degree

5. Beasiswa S2 Dosen / Calon Dosen Perguruan Tinggi Vokasi (Dalam Negeri)

6. Beasiswa S2 Guru dan Tenaga Kependidikan (Dalam Luar Negeri)

7. Beasiswa S2 Pelaku Budaya (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

8. Beasiswa S3 Dosen Perguruan Tinggi Akademik (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

9. Beasiswa S3 Joint Degree/Dual Degree Perguruan Tinggi Akademik

10. Beasiswa S3 Dosen / Calon Dosen Perguruan Tinggi Vokasi (Dalam Negeri)

11. Beasiswa S3 Guru dan Tenaga Kependidikan (Dalam Negeri)

12. Beasiswa S3 Dosen LPTK /Pendidikan Profesi Guru (Luar Negeri)

13. Beasiswa S3 Pelaku Budaya (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

 (K. Setia Widodo)

Read Next