logo

Sains

Sambut 10 Tren Pekerjaan Baru, Lembaga Pendidikan Tinggi Perlu Kolaborasi

Sambut 10 Tren Pekerjaan Baru, Lembaga Pendidikan Tinggi Perlu Kolaborasi
Menkominfo Johnny G. Plate (Kemenkominfo)
Bunga NurSY, Sains09 Desember, 2021 05:28 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Lembaga pendidikan tinggi diharapkan memacu kolaborasi bertaraf internasional agar lulusannya siap menyongsong tren 10 jenis pekerjaan baru yang permintaannya makin meningkat.

Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan perkembangan inovasi dari utilisasi teknologi digital memunculkan tren 10 jenis pekerjaan baru tersebut saat memberikan orasi ilmiah dalam wisuda Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta secara virtual, Rabu (08/12/2021). 

Mengutip Laporan The Future of Job yang dirilis World Economic Forum 2021, Johnny memerinci 10 pekerjaan baru itu antara lain data analyst & scientist, big data specialist, artificial intelligence dan machine learning specialist, digital marketing & strategy specialist, renewable energy engineer, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services & administration manager, serta business development professional.

Maka dari itu, dia pun menginginkan lulusan STMM Yogyakarta dapat memanfaatkan peluang pekerjaan di sektor industri teknologi digital lewat kolaborasi dengan perguruan tinggi nasional dan global.

“STMM saya harapkan mampu merespons dengan tangkas proyeksi (pekerjaan baru), dengan penyiapan sumberdaya yang padu dengan kebutuhan sumberdaya manusia nasional di era digital ini,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Kemenkominfo, Rabu (08/12/2021).

Menghadapi era revolusi industri 4.0, dia mengungkapkan pihaknya selalu mendorong terciptanya talenta digital yang memiliki kualitas internasional. Oleh karena itu, dia mendorong kolaborasi bertaraf internasional agar ekosistem di Indonesia mampu memasuki revolusi industri dengan lebih cepat dan terarah. 

Dia menambahkan, terlebih di era revolusi industri 4.0 lulusan pendidikan tinggi diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam akselerasi transformasi digital nasional. 

“Sekaligus juga bisa menerapkan pengabdian kepada masyarakat dengan ide, gagasan, serta inovasi untuk membangun Indonesia yang lebih cerah,” kata Johnny.

Johnny juga mengharapkan agar bonus demografi di Indonesia kelak harus dimanfaatkan dengan baik melalui pembentukan generasi muda sebagai agent of change dan pemimpin masa depan.

Read Next