logo

Kampus

Siap Masuk Dunia Kerja, 125 Mahasiswa UMY Terima Sertifikat Profesi BNSP

Siap Masuk Dunia Kerja, 125 Mahasiswa UMY Terima Sertifikat Profesi BNSP
Penyerahan sertifikat kompetensi kepada 125 mahasiswa UMY, Jumat (30/9/2022 (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Kampus30 September, 2022 21:32 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebanyak 125 mahasiswa Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY) dari enam program studi berbeda berhasil mendapatkan sertifikat profesi sesuai bidangnya dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Program ini dilakukan UMY untuk mendorong mahasiswa meningkatkan kemampuan di dunia profesional.

Program sertifikasi profesi ini dijalankan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan diikuti mahasiswa dari Prodi Akuntansi, Ilmu Pemerintahan, Agribisnis, Agroteknologi, Komunikasi Penyiaran Islam, dan Teknik Elektro.

"Penyerahan sertifikat dari BNSP kita lakukan pada hari ini kepada mereka yang telah mengikuti berbagai ujian sesuai dengan bidang profesi yang digeluti," kata Ketua LSP UMY Filosa Gita Sukmono, Jumat (30/9/2022).

Kegiatan sertifikasi profesi diselenggarakan sebagai upaya memberitahu manfaat dan kegunaan sertifikat kompetensi yang telah mahasiswa raih. Hal ini karena banyak mahasiswa yang tidak tahu kegunaan sertifikat kompetensi.

"Sertifikat kompetensi ini dapat digunakan sebagai pendamping ijazah dalam melamar kerja sekaligus untuk mengetahui keahlian atau kompetensi apa yang kalian punya dalam dunia profesional (kerja) nanti. Sebab kalian benar-benar kompeten di bidangnya," jelasnya.

Program sertifikasi profesi ini juga sebagai keseriusan UMY dalam mengarahkan mahasiswa untuk siap menempuh dunia profesional. Baik rektorat maupun prodi, menurut Filosa, tidak ingin melepas mahasiswa dengan tangan kosong bersama selembar ijazah.

"Tetapi juga dengan sertifikat kompetensi ini yang akan sangat bermanfaat ke depannya," ucapnya.

Perwakilan dari Prodi Vokasi Akuntansi Parwoto, menyatakan mahasiswa UMY seharusnya bersyukur karena setiap program studi sudah menerapkan sertifikasi keahlian.

"Dengan memiliki lembaga sertifikasi sendiri di bawah BNSP. UMY ingin menjadikan mahasiswanya benar-benar tersertifikasi serta memiliki keahlian di bidangnya masing-masing," ujarnya.

Dosen Akuntansi ini juga turut menyampaikan pesan pada mahasiswa yang telah menerima sertifikat kompetensi untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

"Sertifikat kompetensi ini sangat berguna di masa mendatang apalagi dalam dunia profesional (kerja), oleh karena itu manfaatkanlah sertifikat ini dengan sebaik mungkin dan gunakanlah untuk kebaikan di masa depan kalian nantinya," pungkasnya.

Read Next