logo

Sekolah Kita

Siswa SLBN Karanganyar Wakili Jateng dalam PeSONas 2022

Siswa SLBN Karanganyar Wakili Jateng dalam PeSONas 2022
Bejo Suprapto (kiri) dan Wahyuningsih (kanan). (Eduwara/K.Setia Widodo)
Redaksi, Sekolah Kita14 Juni, 2022 14:15 WIB

Eduwara.com, KARANGANYAR – Salah seorang siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Karanganyar Bejo Suprapto menjadi wakil Jawa Tengah dalam ajang Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) 2022.

Acara tersebut merupakan ajang nasional kompetisi olahraga dan festival seni budaya bagi penyandang disabilitas intelektual yang diadakan oleh Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 3-8 Juli 2022 di Semarang.

Guru olahraga SLBN Karanganyar Wahyuningsih mengatakan Bejo menang juara 1 dalam seleksi tingkat Jawa Tengah. "Kemarin saat seleksi lomba tingkat Jawa Tengah, Bejo menang juara 1 dalam cabang olahraga atletik lari 50 meter. Sehingga dia maju di tingkat nasional mewakili Jawa Tengah," kata dia saat diwawancarai Eduwara.com, Senin (13/6/2022) di SLBN Karanganyar.

Latihan, sambung dia, dilakukan setiap pagi secara rutin berupa teknik, fisik, dan juga lari. Latihan dilaksanakan di sekolahan, namun terkadang Bejo juga berlatih di National Paralympic Comittee (NPC), karena Wahyuningsih dulunya pelatih di situ.

Guru olahraga yang kerap disapa Ningsih itu berpesan untuk tetap semangat dan kerja keras. "Nanti kalau mendapatkan juara, hal itu adalah sebuah anugerah. Saya sebagai guru olahraga mampu mengangkat anak tersebut, sekolahan, dan orang tuanya bisa menuju tingkat yang lebih tinggi," harap dia.

Sementara itu, Bejo menuturkan dirinya siap mengikuti ajang tingkat nasional tersebut. Dia optimis dengan pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan akan mendapatkan hasil yang maksimal. "Harapannya juara 1. Insyaallah," tutur Bejo.

Bejo menambahkan, selain pelatihan yang didapatkan di sekolah, dia tetap berlatih dengan jogging secara mandiri. Nantinya, Bejo berharap bisa mempersembahkan yang terbaik dalam ajang PeSONas 2022.

Lebih lanjut, selain Bejo yang maju di cabang atletik lari 50 meter, beberapa siswa SLBN Karanganyar juga maju ke tingkat nasional. Di antaranya Leni Karmilasari yang bertanding di cabang bulu tangkis, Lena Karmilasari di cabang tenis meja, dan Ayin Nugroho di cabang bulu tangkis. (K. Setia Widodo)

Read Next