logo

Beasiswa

Siswa SMA, Yuk Intip Peluang Pendidikan Beasiswa BCA!

Siswa SMA, Yuk Intip Peluang Pendidikan Beasiswa BCA!
Pendaftaran gelombang pertama Beasiswa BCA telah dibuka pada tanggal 18 April hingga 15 September 2022. (Istimewa)
Redaksi, Beasiswa29 April, 2022 14:33 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pendaftaran gelombang pertama Beasiswa BCA telah dibuka pada tanggal 18 April hingga 15 September 2022. 

Beasiswa BCA merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Central Asia yang ditujukan kepada para lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi.

Beasiswa diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) yang diselenggarakan oleh BCA.

Apabila lulus rangkaian seleksi, penerima akan diberikan full beasiswa pendidikan bebas biaya, buku perkuliahan, laptop (khusus untuk PPTI), makan siang, asrama, hingga uang saku tiap bulannya. 

Kedua program berlangsung selama 30 bulan. PPTI ditujukan bagi lulusan SMA dari jurusan IPA/SMK dari jurusan yang berkaitan dengan teknik informatika yang berprestasi dan memiliki minat di bidang teknik informatika. 

Adapun, PPBP ditujukan bagi lulusan SMA/SMK yang berprestasi dari seluruh jurusan dan memiliki minat di bidang Bisnis dan Perbankan.

Selain kegiatan belajar yang dilakukan di kelas, peserta kedua program itu wajib mengikuti program on the job training di unit kerja BCA. Kemudian mendapatkan pembekalan soft skill seperti kepemimpinan, kerja tim, pembentukan karakter dan perencanaan keuangan.

Tak hanya kegiatan belajar, peserta juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri di bidang non-akademis melalui ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya. Bahkan lulusan PPBP dan PPTI akan mendapatkan peluang untuk bekerja di BCA.

Sasaran beasiswa adalah siswa/i lulusan SMA/SMK atau yang akan berkuliah pada tahun ajaran 2023 dengan usia maksimal 19 tahun. Kemudian memiliki nilai rata-rata rapor keseluruhan minimal 7,50 dan nilai Matematika per semester SMA atau nilai produktif SMK minimal 7,50. 

Selain itu, juga memiliki keinginan untuk terus belajar dan berprestasi, mudah beradaptasi terhadap hal baru, dan menyukai tantangan.

Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2022. Perlu diperhatikan, BCA tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran dan seleksi karir berlangsung. 

Informasi lengkap terkait kualifikasi, tahap seleksi, dan persyaratan pendaftaran bisa mengakses laman resmi pengumuman Beasiswa BCA 2022. (K. Setia Widodo)

Read Next