logo

Kampus

Tingkatkan Minat Belajar Sejarah, Mahasiswa UNY Hadirkan Maze of History

Tingkatkan Minat Belajar Sejarah, Mahasiswa UNY Hadirkan Maze of History
Tampilan Maze of History (EDUWARA/Humas UNY)
Setyono, Kampus08 Maret, 2022 19:25 WIB

Eduwara.com,JOGJA – Dikesankan membosankan, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menghadirkan permainan labirin bertema mata pelajaran (Mapel) Sejarah, khusus untuk siswa sekolah menengah.

Dinamakan 'Maze Of History', permainan ini diciptakan Fitri Astuti dan Raras Dhina Pangesti dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah, bekerja sama dengan Muhammad Faizud Daroin dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika.

"Hadir dalam aplikasi android, permainan ini berbasis labirin dengan latar belakang materi mapel Sejarah tentang kerajaan-kerajaan di nusantara pada masa Hindu-Budha," kata Fitri, Selasa (8/3/2022).

Ia mengatakan materi mengenai kerajaan ini disajikan dalam Maze of History karena selama ini materi Sejarah, khususnya bagian kerajaan, jumlahnya banyak sehingga terasa membosankan untuk dipelajari para peserta didik.

Tidak hanya itu, materi kerajaan penting untuk penanaman nilai karakter seperti nasionalisme, rela berkorban, kerja keras, dan lain sebagainya. Sehingga, karakter yang ada di dalam permainan disesuaikan dengan tokoh yang terdapat dalam materi yang sama.

Raras Dhina Pangesti menambahkan Maze of History merupakan sebuah permainan edukasi sejarah di dalam android yang menggunakan platformer sebagai medianya. Melalui Maze of History ini diharapkan minat belajar Sejarah, yang mengandung nilai-nilai karakter, akan semakin meningkat.

"Permainan edukasi ini berbentuk platformer, yang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis video permainan," kata Dhina.

Tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menghadirkan permainan labirin bertema mata pelajaran (Mapel) Sejarah khusus untuk siswa sekolah menengah. (EDUWARA/Humas UNY)

Muhammad Faizud Daroin menjelaskan Maze of History diciptakan menggunakan aplikasi yang bernama 'Unity Game Engine', yang didesain dengan menggunakan perangkat komputer.

Permainan edukasi sejarah ini memiliki teknis atau cara dalam bermain. Teknis yang dapat digunakan untuk memainkan permainan ini yaitu dengan cara melompati rintangan, menjawab pertanyaan berupa kuis atau hints, dan menemukan kunci untuk membuka pintu keluar dari labirin.

Beberapa rintangan tersebut disusun dengan bermacam variasi seperti menggunakan tali ayunan atau melompat dari sebuah platform di dalam labirin.

"Karakter yang berada di dalam permainan ini tidak akan terjatuh saat melewati rintangan tersebut dengan cara mengontrol pengaturan dari pemain saat menjalankan permainan ini," jelasnya.

Menurut Daroin, Maze of History mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang terdapat dalam permainan ini yaitu memudahkan pemain khususnya siswa SMA dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran sejarah. 

Read Next