logo

Sekolah Kita

Tingkatkan Nasionalisme dan Kebangsaan, Disdikpora Kota Yogyakarta Ajak 12 TK Jelajah Museum

Tingkatkan Nasionalisme dan Kebangsaan, Disdikpora Kota Yogyakarta Ajak 12 TK Jelajah Museum
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan jelajah museum untuk anak-anak TK. Kegiatan jelajah yang diikuti 11 TK Negeri dan 1 TK swasta di Kota Yogyakarta ini bertujuan untuk penguatan profil Pelajar Pancasila, khususnya untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan nasionalisme dan kebangsaan pada diri anak. (EDUWARA/Dok. Disdikpora Kota Yogyakarta)
Setyono, Sekolah Kita24 Agustus, 2022 21:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebagai upaya penguatan profil pelajar Pancasila, Seksi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan jelajah museum. Pada angkatan pertama ini 11 TK Negeri dan 1 TK swasta bergantian mengunjungi museum.

Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Anak Usia Dini (Kabid Dikmas dan PAUD), RM Budi Santoso, mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu bentuk penanaman karakter anak tentang perjuangan dan persatuan.

"Bertemakan 'Aku Cinta Indonesia', kunjungan ke museum ini sebagai upaya meningkatkan sosialisasi, menambah pengetahuan serta meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan pada siswa-siswi TK," kata Budi, Rabu (24/8/2022).

Dalam program ini, anak-anak ini diajak berkunjung ke Monumen Jogja Kembali dan Museum Dirgantara. Ini bertujuan agar mereka belajar berbagai bentuk miniatur, replika, kendaraan, senjata api, senjata tradisional, patung peraga, relief, diorama dan koleksi pesawat.

"Kegiatan akan berlangsung mulai 16 Agustus sampai 8 September mendatang. Di mana dalam setiap kali kunjungan, jumlah siswa yang diajak berkunjung sebanyak 132 anak. Sehingga total keseluruhan siswa ada 924 anak," lanjut Budi.

Kepala Sekolah TK Negeri 4 Yogyakarta Siti Ahbaniyati mengaku senang dengan kegiatan ini karena sangat bermanfaat sekali menjadikan menambah wawasan dan ilmu.

"Dengan diajak ke museum, anak-anak jadi tahu perjuangan para pahlawan jaman dahulu," ungkapnya. 

Read Next