logo

Kampus

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa, Paguyuban UKM UIN Raden Mas Said Gelar Seminar Kewirausahaan

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa, Paguyuban UKM UIN Raden Mas Said Gelar Seminar Kewirausahaan
Seminar Kewirausahaan oleh Paguyuban UKM UIN Raden Mas Said, Rabu (14/9/2022). (EDUWARA/Dok. UIN RM Said Solo)
Redaksi, Kampus16 September, 2022 02:42 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Memiliki jiwa kreatif dan inovatif merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Berawal dari pemikiran tersebut, Paguyuban Unit Kerja Mahasiswa (UKM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Solo menggelar Seminar Kewirausahaan, Rabu (14/9/2022), di Gedung Rektorat Lantai 3 UIN Raden Mas Said Solo. 

Di depan peserta seminar bertema Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Muda Mahasiswa untuk Indonesia yang Kreatif, Inovatif, dan Mandiri tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama UIN Raden Mas Said Solo, Syamsul Bakri berharap para mahasiswa dapat menambah pengetahuan untuk lebih mengenali potensi dirinya dan peluang usaha yang dapat dikembangkannya.

“Seminar kali ini mendatangkan narasumber yang ahli di bidang wirausaha yang telah memiliki pengalaman di dunia usaha selama bertahun-tahun. Kali ini salah satu narasumbernya adalah alumnus dari UIN RM. Said. Semoga kita bisa banyak belajar dari pembicara terlebih bagi yang bercita-cita menjadi wirausaha,” ujar Syamsul Bakri seperti dilansir Eduwara.com, Kamis (15/9/2022), dari laman resmi UIN Raden Mas Said Solo.

Pemilik Way.Pro Apparel & Merchandise, Muhammad Abdul Wahab selaku pembicara menuturkan terdapat beberapa hal yang harus dilakukan seorang wirausaha. Pertama, menentukan jenis usaha dan produk, kemudian menentukan target pasar, dan menyusun anggaran dan modal usaha.

"Selanjutnya keunikan atau value yang ditawarkan, strategi promosi, melakukan riset kompetitor sejenis. Selain itu juga melihat peluang masa kini, menciptakan relasi atau jaringan bisnis, dan yang terakhir menentukan langkah usaha," ungkap dia.

Sementara itu, pembicara kedua, Dinar Bela Ayu Naj’ma, menyampaikan tips sebelum memulai bisnis yakni dengan mengenali diri, membuat perencanaan, mencari mentor, selalu positif thinking, ber-mindset besar, menghargai setiap fokus, konsisten, dan selalu berinovasi.

“Setiap hal itu dimulainya dari kecil dan bisa menjadi sesuatu yang berharga, belajar dan terus serta evaluasi yang masih belum maksimal. Kerjakan apa saja yang anda bisa, dengan apa yang anda miliki dan di manapun anda berada,” ujar dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next