logo

Beasiswa

Tutup 31 Mei, Beasiswa Tunas Indonesia Jepang Sasar Murid SMA Berprestasi

Tutup 31 Mei, Beasiswa Tunas Indonesia Jepang Sasar Murid SMA Berprestasi
Tutup 31 Mei, Beasiswa Tunas Indonesia Jepang Sasar Murid SMA Berprestasi (Istimewa)
Redaksi, Beasiswa27 April, 2022 13:54 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pendaftaran program Beasiswa Tunas Indonesia Jepang untuk murid kelas X dan XI SMA sederajat yang berprestasi bakal berakhir pada 31 Mei 2022. 

Untuk 2022, pendaftaran telah dibuka pada 18 April 2022 dan ditutup pada 31 Mei 2022.

Melansir situs resminya, pendaftaran Beasiswa Tunas Indonesia Jepang Batch XIII hanya dibuka sekali dalam setahun untuk murid SMA sederajat. Nantinya penerima beasiswa akan memperoleh bantuan keuangan selama satu tahun.

Beasiswa hanya dikhususkan bagi yang berstatus murid SMA sederajat kelas X atau XI dengan nilai rapor minimum 7,25 dalam satu semester terakhir. Pendafatr juga harus berkelakuan baik dan aktif berorganisasi serta berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan dokumen yang sah.

Pendaftaran beasiswa dilakukan dengan mengisi data dan mengunggah berkas administrasi pada form pendaftaran secara online. Setelah melakukan pendaftaran, pengumuman pendaftar yang lolos seleksi akan diumumkan melalui situs resmi, media sosial Tunas Indonesia Jepang dan melalui email atau WA/SMS.

Bagi pendaftar yang lolos seleksi diharapkan untuk melakukan daftar ulang pada tenggat waktu yang akan diinformasikan kemudian. Informasi lengkap terkait syarat administrasi dan link pendaftaran bisa membuka laman resmi pengumuman Beasiswa Tunas Indonesia Jepang.

Adapun, Tunas Indonesia Jepang adalah yayasan yang dibentuk oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Kobe yang bergerak dalam penggalangan dan penyaluran dana untuk membantu biaya pendidikan pelajar di Indonesia. 

Pembentukan yayasan itu dilandasi kesadaran dan semangat berpikir bahwa anak bangsa yang terdidik adalah aset yang sangat berharga. Namun, mahalnya biaya pendidikan di Indonesia ternyata masih menjadi permasalahan bagi sebagian kalangan masyarakat. 

Di sisi lain, masyarakat Indonesia yang tinggal atau sedang menempuh pendidikan di luar negeri relatif memiliki pendapatan atau beasiswa yang mencukupi.

Sebagian kecil dari pendapatan atau beasiswa yang tidak begitu berarti jika dibelanjakan di negara tempat mereka tinggal sekarang, akan memiliki manfaat yang cukup besar bila disumbangkan untuk membantu anak-anak Indonesia agar dapat terus bersekolah.

Pendaftaran Beasiswa Tunas Indonesia Jepang Batch XIII dibuka 1 kali dalam 1 tahun untuk siswa/siswi SMA/SMK/MA. Nantinya penerima beasiswa akan memperoleh bantuan keuangan selama satu tahun.

Beasiswa hanya dikhususkan bagi yang berstatus siswa/siswi SMU/SMK/MA kelas X atau XI dengan nilai rapor minimum 7.25 dalam satu semester terakhir. Kemudian berkelakuan baik dan aktif berorganisasi dan berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan dokumen yang sah. (K. Setia Widodo)

Read Next