logo

Kampus

UGM dan UNY, Raih Penghargaan KIP Kategori Perguruan Tinggi Negeri

UGM dan UNY, Raih Penghargaan KIP Kategori Perguruan Tinggi Negeri
UGM dan UNY, Raih Penghargaan KIP Kategori Perguruan Tinggi Negeri (Istimewa)
Setyono, Kampus15 Desember, 2022 16:47 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Komisi Informasi Pusat (KIP) dalam penyelenggaraan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022 menempatkan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan kategori informatif.

Diselenggarakan pada Rabu (14/12/2022) di Jakarta, penghargaan dari KIP yang diserahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud merupakan keempat kalinya berturut-turut diraih UGM dan dua kali berturut-turut oleh UNY.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UGM Wirastuti Widyatmanti, menyatakan predikat ini diraih berkat kerja keras tim serta kolaborasi internal dan eksternal dalam melaksanakan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Bersyukur yang tak terhingga, tahun ini UGM kembali meraih predikat tertinggi yaitu informatif untuk kategori Perguruan Tinggi. Ini merupakan komitmen pimpinan mendukung kebijakan, menguatkan sinergi internal dan eksternal untuk pengelolaan keterbukaan informasi publik yang lebih baik,"kata Wirastuti.

Wirastuti menegaskan beberapa terobosan yang terus didorong untuk mengoptimalkan akses informasi publik secara cepat dan tepat, seperti layanan daring, digital melalui media sosial, website maupun aplikasi android lainnya.

Penghargaan ini adalah keempat kalinya bagi UGM meraih predikat badan publik informatif dengan skor 99,20.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY Lantip Diat Prasojo bersyukur atas penganugerahan peringkat informatif kedua kalinya bagi kampusnya, setelah meraih penghargaan pada 2021.

"UNY memperoleh kategori informatif  dengan nilai 97,77 yang meningkat dibandingkan nilai tahun 2021 sebesar 92,10," jelasnya.

Lantip menyatakan tahun ini dengan melakukan evaluasi, refleksi dan tindak lanjut serta diimplementasikan dalam sebuah proses yang mengedepankan kebersamaan.

"Kami berharap raihan ini menjadikan UNY membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengakselerasi pencapaian visi misi pemerintah dan menjalankan tata laku pemerintahan yang transparan dan akuntabel," ungkapnya.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik merupakan bentuk apresiasi bagi badan publik dalam menjaga komitmennya di bidang Keterbukaan Informasi Publik serta sebagai pengumuman dan pertanggungjawaban kepada publik, penyampaian kondisi keterbukaan informasi publik badan publik di Indonesia.

Ketua KIP RI Donny Yoesgiantoro, menyampaikan harapannya akan partisipasi publik yang semakin tumbuh di Indonesia.

Baginya penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik diharapkan tidak hanya meningkatnya partisipasi badan publik saja tetapi lebih dari itu, tumbuhnya partisipasi publik yang akhirnya akan mendukung ketahanan nasional dan pertahanan Negara.

Read Next