logo

Kampus

UGM Sisakan 3.720 Kuota Mahasiswa Baru Lewat Tujuh Jalur Khusus

UGM Sisakan 3.720 Kuota Mahasiswa Baru Lewat Tujuh Jalur Khusus
Grdung Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus22 Mei, 2023 21:12 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Gandes Retno Rahayu, mengatakan UGM masih menyediakan kuota sebanyak 3.000 mahasiswa baru (Maba) lewat tujuh jalur khusus. Tahun ini, dari berbagai jalur UGM akan menerima sebanyak 9.302 Maba.

Dilansir Senin (22/5/2023), Gandes menerangkan 3.000 lebih Maba ini akan dipenuhi lewat jalur Ujian Mandiri (UM) Computer Based Test (CBT). Jika dipersentase, jumlah ini sebayak 40 persen dari total Maba.

"Melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) kami menyiapkan kuota 30 persen. Kemudian Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) juga menyiapkan 30 persen," terangnya.

Saat ini, 2.790 Maba UGM telah diterima lewat jalur SNBP dan sudah diumumkan. Kemudian jalur SNBT juga tengah menunggu pelaksanaan tes gelombang dua, tapi pendaftaran sudah ditutup.

"Baru kemudian kami akan menyelenggarakan UM CBT secara mandiri," jelasnya.

Gandes melanjutkan tujuh jalur masuk yang telah disiapkan UGM untuk menerima 3.720 Maba ini disaring lewat program seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU).

Ketujuh jenis PBU tersebut yaitu Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK), Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) Tugas Belajar Sekolah Vokasi, Penelusuran Bibit Unggul SMK (PBUSMK), Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T), dan Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T)-Laboratorium Tridharma UGM.

PBUTM merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi yang terkendala keterbatasan ekonomi.

Sedangkan, PBUB diperuntukkan bagi siswa berprestasi di bidang olahraga, seni, dan IPTEK. PBUK dan PBUK Tugas Belajar Sekolah Vokasi diperuntukkan bagi bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan.

"Mereka diusulkan serta dibiayai sepenuhnya oleh Mitra UGM yang kredibel sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan SDM," kata Gandes.

Siswa SMK

Khusus bagi siswa SMK, UGM juga membuka jalur PBUSMK untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik, keterampilan dan kematangan pribadi yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di sekolah.

PBU 3T dan PBU 3T-Laboratorium Tridharma UGM merupakan jalur seleksi yang baru dibuka pada tahun ini sebagai bagian dari komitmen UGM untuk meningkatkan inklusivitas melalui penjaringan bibit-bibit unggul dari seluruh penjuru tanah air.

Jalur seleksi PBU 3T diperuntukkan bagi siswa kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) yang memenuhi kriteria umum pendaftar PBU 3T.

Sedangkan, jalur seleksi PBU 3T-Laboratorium Tridharma UGM diperuntukkan bagi siswa kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat dari 3T yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU 3T dan daerahnya bersedia menjadi laboratorium Tridharma UGM.

Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr Hempri Suyatna mengatakan, bagi calon mahasiswa berprestasi, seperti di bidang seni dan olahraga, mereka juga bisa diwadahi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UGM.

"Contohnya, UKM e-Sport, kami juga ada. UKM Seni, seperti paduan suara, karawitan itu juga ada. Pasti tertampung di UKM-UKM itu," terangnya.

Read Next