logo

Kampus

UI Terbaik di Indonesia Versi Scimago, Unggul di 7 Subyek Ini

UI Terbaik di Indonesia Versi Scimago, Unggul di 7 Subyek Ini
Gedung Pusat Administrasi UI (UI)
Bhakti Hariani, Kampus14 April, 2022 13:58 WIB

Eduwara.com, DEPOK—Universitas Indonesia (UI) kembali berada di urutan pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam University Rankings 2022 versi Scimago Institutions Rankings. 

Di Asia Tenggara, UI menempati peringkat ke-13, lalu peringkat ke-146 di Asia, sedangkan di tingkat dunia posisi UI berada di ranking 534.

Rektor UI Ari Kuncoro mengapresiasi lembaga-lembaga penelitian, para dosen dan peneliti di UI yang terus memacu dirinya untuk menghasilkan riset-riset yang berkualitas yang dapat direkognisi dunia internasional. 

“Semoga kami bisa mempertahankan menjadi yang terbaik di tanah air dan masuk jajaran top 5 di Asia Tenggara,” ujar Ari dalam siaran pers, Kamis (14/4/2022).

Scimago Research Group merupakan sebuah organisasi penelitian yang berbasis di Spanyol yang terdiri dari Spanish National Research Council (CSIC), University of Granada, Charles III University of Madrid, University of Alcalá, University Extremadura, dan lembaga pendidikan lainnya di Spanyol.

Adapun, pencapaian UI tersebut berasal dari pengukuran tiga indikator, yaitu kinerja riset/Research (50 persen), hasil inovasi/Innovation (30 persen), dan dampak sosial/Societal impact (20 persen) yang kesemuanya diukur melalui visibilitas web serta pengolahan data Scopus. 

Untuk kategori riset, beberapa penilaiannya mencakup jumlah jurnal, kolaborasi internasional, keterbukaan akses, High Quality Publications (Q1), dan jumlah publikasi berkualitas yang banyak mendapatkan sitasi publik. 

Untuk kategori inovasi, penilaiannya antara lain meliputi jumlah publikasi yang disitasi dalam paten dan jumlah aplikasi paten yang dihasilkan, sedangkan untuk kategori dampak sosial penilaiannya diantaranya melalui jumlah ‘mention’ publikasi di berbagai platform media sosial serta jumlah kunjungan ke website institusi.

Pada 2022, UI unggul dalam penilaian riset dan dampak sosial, dimana grafik riset UI selama kurun waktu 2019—2022 mengalami kenaikan dalam hal jumlah publikasi dan jurnal yang terdata dalam pangkalan data Scopus. 

Selain menjadi universitas terbaik di Indonesia secara keseluruhan (overall rank), UI juga meraih peringkat pertama dalam tujuh subyek yaitu Arts and Humanities, Business, Management and Accounting, Dentistry, Energy, Medicine, Pharmacology, Toxicology and Pharmaceutics, dan Social Sciences.

Read Next