logo

Kampus

UMBY Beri Konseling Guru BK Soal Penanganan Siswa Pasca Pandemi

UMBY Beri Konseling Guru BK Soal Penanganan Siswa Pasca Pandemi
UMBY Beri Konseling Guru BK Soal Penanganan Siswa Pasca Pandemi (Istimewa)
Setyono, Kampus16 Maret, 2023 15:09 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Hadirnya perubahan karakter siswa pasca-pandemi Covid-19, menjadikan para guru bimbingan konseling tingkat SMA/SMK harus menghadirkan pola asuh dan perlakuan yang berbeda.

Melihat kondisi ini, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar sarasehan yang bertujuan memotivasi pada guru bimbingan konseling yang tergabung di Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) se-Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dilaksanakan pada Rabu (15/3/2023), sarasehan yang digelar di Kampus 3 UMBY Depok, Sleman, bertema 'Peningkatan Layanan Bimbingan Konseling (BK) Pasca Pandemi'.

"Melalui ajang ini, kami tidak hanya ingin menjalin kerjasama dan silaturahmi dengan MGBK di Sleman, Kota Yogyakarta, Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo," jelas Rektor UMBY Agus Slamet lewat rilis, Kamis (16/3/2023).

Agus menambahkan, mendidik generasi bangsa merupakan tugas bersama. Para pendidik tidak hanya memiliki tugas dalam mengembangkan kemampuan di bidang akademik (IQ) saja, tetapi harus bisa menanamkan kepada siswa agar mengedepankan etika, akhlak, dan karakter (EQ dan SQ).

"Para guru mampu menjadi perantara dalam menumbuhkan motivasi para siswa, sehingga prestasi siswa meningkat, baik prestasi akademik ataupun non akademik," ucap Agus.

Mewakili 180 peserta yang hadir, Pengawas SMK Balai Pendidikan Menengah Sleman, Nur Farida Wijayanti,  menyampaikan pasca pandemi ini karakter para siswa berbeda dari sebelum pandemi, sehingga membutuhkan perlakuan dan pola asuh yang berbeda pula.

"Melalui sarasehan ini, guru BK akan mendapatkan layanan atau cara pendampingan yang tepat bagi para siswa," jelasnya.

Sebagai narasumber, Dosen Fakultas Psikologi UMBY Santi  Esterlita Purnamasari membawakan paparan yang berjudul 'Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi'.

"Motivasi merupakan hal penting karena menjadi tenaga penggerak individu untuk mencapai tujuannya. Motivasi tersebut dapat dipicu melalui beberapa cara, seperti adanya rasa syukur, insight, menciptakan kebutuhan, menetapkan tujuan, menumbuhkan minat, dan menciptakan emosi positif," jelasnya.

Read Next