logo

Kampus

UMY Bersiap Gelar Perkuliahan Tatap Muka pada Semester Ganjil 2022/2023

UMY Bersiap Gelar Perkuliahan Tatap Muka pada Semester Ganjil 2022/2023
Dalam acara wisuda mahasiswa tahun ajaran 2021/2022, Kamis (9/6/2022), Rektor UMY Gunawan Budiyanto memastikan akan menggelar kuliah tatap muka bagi seluruh fakultas pada semester depan. (UMY)
Setyono, Kampus09 Juni, 2022 14:40 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Gunawan Budiyanto memastikan pihaknya akan menggelar kuliah tatap muka bagi seluruh fakultas pada semester ganjil 2022/2023 atau semester depan.

"Semester ganjil 2022/2023 UMY melaksanakan penuh kegiatan akademik secara luar jaringan dengan suasana endemi. Endemi mengartikan kita telah berdamai dengan sumber penyakit dan hidup berdampingan dengannya namun dengan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat," katanya, Kamis (9/6/2022).

Kebijakan ini diambil berdasarkan penanganan pandemi di lingkungan universitas dua tahun belakangan yang diyakini cukup baik. Apalgi, dalam empat bulan terakhir, sudah tidak ada lagi laporan kasus infeksi COVID-19 dari para mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidik.

"Ini adalah hasil kerja keras dari para civitas akademika dalam menjaga protokol kesehatan selama beraktivitas di tengah pandemic," jelas Gunawan yang berbicara saat gelaran sesi kedua wisuda tahun ajaran 2021/2022.

Dirinya juga mengapresiasi 108 mahasiswa yang menjadi relawan dan bekerja keras selama akutnya serangan saat pandemi Covid-19 lalu. Menurutnya, menjadi relawan ini adalah pekerjaan yang berat, namun mereka ini pantang menyerah dan terus melaksanakan tugasnya hingga akhir.

"Mulai dari menjaga gerbang kampus hingga membantu memberikan logistik kepada teman-teman yang sedang melakukan isolasi mandiri. Hanya Allah SWT lah yang dapat memberikan balasan setimpal atas amal jariyah yang telah kalian lakukan selama ini," ujarnya.

Dengan pertimbangan kondisi pandemi yang sudah mulai terkendali dan akan segera beralih menjadi endemi, UMY kembali menjadi pelopor untuk melakukan aktivitas dengan suasana endemi.  Dalam dua sesi wisuda, UMY meluluskan 1.440 wisudawan dan wisudawati.

Salah satunya pelaksanaan Wisuda Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana Periode IV Tahun Ajaran 2021/2022 yang diselenggarakan pada Rabu (08/06) untuk sesi pertama dan Kamis (09/06) untuk sesi kedua di Gedung Sportorium UMY. Para orang tua dan wali diperbolehkan mengikuti prosesi dengan syarat telah divaksin minimal dosis kedua dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menggunakan masker.

Gunawan berpesan agar lulusan UMY sebagai calon pemimpin bangsa yang akan memasuki dunia baru bahwa tahun keemasan Indonesia pada 2040 mendatang diiringi perbincangan tentang bonus demografi, negara ini diharapkan telah siap untuk menjadi negara yang dihormati di dunia internasional.

"Penyiapan sumber daya manusia menjadi penting untuk dibahas. Para tenaga muda dengan kelebihan energi yang ada haruslah sepadan dengan kualitas dan skill yang dimiliki. Kita wajib terus belajar untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri," pungkasnya.

Read Next