logo

Kampus

UMY Kirim Tujuh Mahasiswa Ke Talenta Inovasi Indonesia 2021

UMY Kirim Tujuh Mahasiswa Ke Talenta Inovasi Indonesia 2021
Tujuh mahasiswa UMY yang lolos seleksi program Talenta Inovasi Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kemdikbudristek ((EDUWARA/Humas UMY))
Setyono, Kampus29 November, 2021 21:34 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Untuk pertama kalinya, tujuh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) lolos program Talenta Inovasi Indonesia 2021 gelombang kedua yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik (Kemdikbudristek).  

Berdasarkan pengumuman pada 24 November 2021, tujuh mahasiswa UMY yang lolos terdiri dari empat mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan dan tiga mahasiswa Prodi Teknik Sipil. 

Program Talenta Inovasi Indonesia 2021 merupakan program hibah penelitian dari pemerintah yang diperuntukkan bagi mahasiswa dengan luaran publikasi jurnal penelitian.

Direktur program International of Government UMY Sakir Ridho Wijaya mengaku berbangga dengan lolosnya tujuh mahasiswa ini sehingga bisa mewakili kampus di tingkat nasional.

 "Kami dari prodi memberikan pendampingan intensif kepada mahasiswa yang mengikuti program itu dan kebetulan kami juga memiliki program pendampingan berupa mentoring class bagi yang mengikuti kompetisi ataupun melakukan riset," jelasnya.

Mereka yang lolos program Talenta Inovasi Indonesia 2021 gelombang kedua antara lain Hesti Rahayu dari Teknik Sipil, Rahmad Afriyansya (Teknik Sipil), Evelyn Anabela A (Teknik Sipil), Moch Noerizza Triananta (Ilmu Pemerintahan), Satrya Dhillan Bagaskara (Ilmu Pemerintahan), Dian Aurelia Pramudita Insani (Ilmu Pemerintahan), dan Luthfiyya Putri Rahmaningrum (Ilmu Pemerintahan).

Dalam program pendampingan, Sakir dan timnya terus mengawal mulai dari tema penelitian mulai kebencanaan hingga pengembangan desa. Setelah proposal lolos, mahasiswa terjun ke lapangan melakukan penelitian hingga melakukan publikasi dengan output penelitian berupa jurnal dan book chapter

"Selain itu, melalui luaran tersebut diharapkan bisa menjadi rekomendasi bagi masyarakat atau pemerintah daerah," tambahnya.

Dosen Prodi Teknik Sipil UMY Pinta Astuti memaparkan tiga mahasiswanya yang mengikuti seleksi program Talenta Imovasi Indonesia 2021 mengajukan tema penelitian Beton Geopolimer.

"Program ini dapat meningkatkan kompetisi mahasiswa dalam penembangan IPTEK sehingga harapannya semoga dengan adanya program ini dapat meningkatkan karya yang kreatif dan inovatif bagi mahasiswa dan juga bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk ikut berkontribusi meningkatkan prestasi," tandasnya.

Read Next