logo

Kampus

UMY Kirimkan Kembali Mahasiswa KKN Internasional ke Arab Saudi

UMY Kirimkan Kembali Mahasiswa KKN Internasional ke Arab Saudi
Mahasiswa UMY Yogyakarta peserta program KKN Internasional ke Arab Saudi batch ke-2 bersama Rektor UMY Gunawan Budiyanto, Sabtu (28/10/2023). Pada batch ke-2 ini, UMY kembali mengirimkan 11 mahasiswa untuk mengikuti KKN Internasional ke Arab Saudi. Kesebelas mahasiswa ini akan disebar ke dua lokasi sekolah Indonesia di Mekkah dan Jeddah. (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Kampus30 Oktober, 2023 20:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengirimkan mahasiswanya dalam program KKN Internasional ke Arab Saudi sesi kedua. Sebelas mahasiswa yang diberangkatkan Sabtu (28/10/2023), difokuskan pada pengabdian pendidikan di sekolah Indonesia.

Kepala Divisi Pengabdian Mahasiswa LPM UMY, Aris Slamet Widodo menerangkan sebelas mahasiswa yang berangkat berasal dari program studi Manajemen sebanyak 4 orang, Ilmu Ekonomi 3 orang dan Hubungan Internasional 4 orang.

"Mereka akan diterjunkan dan disebar ke dua lokasi yang berada di Arab Saudi, yaitu Sekolah Indonesia Mekkah (SIM) dan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ)," kata Aris Slamet Widodo dirilis Senin (30/10/2023).

Program pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Program sudah langsung didampingi oleh guru di SIM dan SIJ sehingga pelaksanaannya langsung sesuai dengan kebutuhan.

Aris juga menyampaikan pada batch ke-2 ini hanya disalurkan ke dua lokasi saja sesuai jumlah mahasiswa yang mendaftar. 

“Di SIM terlihat ada 4 mahasiswa laki-laki dan di SIJ ada 7 mahasiswa perempuan,” jelasnya.

Aris berharap pada batch ke-3 dan seterusnya mahasiswa peserta KKN Internasional bisa bertambah sehingga bisa menyebarluas ke banyak lokasi, banyak memberikan solusi pada permasalahan pendidikan dan juga menambah durasi pengabdian menjadi dua bulan sesuai request Atase Pendidikan & Kebudayaan (Atikbud). 

"Selain itu direncanakan akan ditempatkan juga ke lokasi baru yaitu Riyadh,” imbuh Aris.

Bendahara BPH UMY Muhammad Ikhwan Ahada, yang juga hadir dalam kegiatan penerjunan KKN tersebut, berpesan kepada para mahasiswa KKN Internasional Arab Saudi untuk memperluas relasi. 

“KKN Internasional ini adalah kesempatan untuk memperluas radius pergaulan sekaligus mengakselerasi kedewasaan emosi serta kepribadian," terangnya.

KKN secara keseluruhan dimaksudkan sebagai momentum latihan mengkonfirmasi pemahaman akademik dalam realitas kehidupan, mempertajam pisau analisis terutama analisis sosial seperti calon manusia yang terdidik untuk hidup di tengah masyarakat.

Read Next