logo

Kampus

Univet Bantara Terjunkan 120 Mahasiswa KKN Tematik di Selogiri

Univet Bantara Terjunkan 120 Mahasiswa KKN Tematik di Selogiri
Penerjunan 120 Mahasiswa KKN Tematik Periode I Univet Bantara Sukoharjo di Selogiri, Wonogiri, Senin (8/8/2022). (EDUWARA/Univet Bantara)
Redaksi, Kampus11 Agustus, 2022 05:40 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menerjunkan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun Ajaran 2022/2023 di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri pada Senin (8/8/2022).

Camat Selogiri, Sigit Purwanto dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan menerima dengan baik para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kecamatan Selogiri.

“Silakan belajar di masyarakat karena itulah dunia kehidupan yang sebenarnya, jauh dari apa yang kita pelajari di kampus, dengan problem yang ada di masyarakat semoga memberikan bekal bagi kita untuk bisa belajar bersama,” kata Sigit Purwanto seperti dilansir Eduwara.com, Selasa (9/8/2022) dari laman resmi Univet Bantara.

Adapun perwakilan dari Univet Bantara, Iik Sartika, mengharapkan para mahasiswa dapat membantu meningkatkan kualitas hidup di masyarakat dengan memberikan ide sesuai dengan potensi desa masing-masing.

Melalui penerjunan itu, sebanyak 120 mahasiswa akan ditempatkan di 11 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Selogiri. Mereka didampingi oleh 6 Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Penerjunan tersebut juga dihadiri oleh para kepala desa dan lurah di lingkungan Kecamatan Selogiri sekaligus diperkenalkan kepada mahasiswa peserta KKN.

Sebelumnya, Univet Bantara Sukoharjo sudah mengadakan Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik dan 3T yang dilaksanakan di Wisma Widya Karya Dharma Auditorium Univet Bantara, Jumat (5/8/2022). Dalam kesempatan itu, Ketua Pusat Kuliah Kerja Nyata, Praninchayudha Rohsulina, menyampaikan KKN Tematik Periode I mengangkat tema Pemberdayaan Jiwa Entrepreneur Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif.

KKN Tematik, sambung dia, dilaksanakan dari 8 Agustus hingga 23 September 2022 yang melibatkan 551 mahasiswa di Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Sorong.

“Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Terdepan, Terluar dan Terpencil (KKN 3T) di Kabupaten Sorong, Papua Barat merupakan salah satu komitmen kami dalam implementasi Merdeka Belajar,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. Djatmiko Hidajat, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan kepada mahasiswa untuk selalu mempublikasikan kegiatan selama KKN di sosial media masing-masing. 

“Kegiatan ini merupakan kesempatan pertama untuk melaksanakan kegiatan KKN untuk dilaksanakan secara luring, sehingga kami mohon dukungannya,” pesan dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next