logo

Kampus

UNS Buka Dua Fakultas Baru

UNS Buka Dua Fakultas Baru
Rektorat Universitas Sebelas Maret Solo. (EDUWARA/M. Diky Praditia)
M. Diky Praditia, Kampus25 Maret, 2022 22:21 WIB

Eduwara.com, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo resmi membuka dua fakultas baru, yaitu Fakultas Psikologi serta Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data. 

Dalam siaran pers yang diterima Eduwara, Jumat (25/3/2022), disebutkan bahwa keputusan resmi pembukaan Fakultas Psikologi UNS tertuang dalam SK Rektor No. 319/UN27/HK/2022. 

Sedangkan keputusan resmi pembukaan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS tertuang dalam SK Rektor No. 320/UN27/HK/2022. Kedua Surat Keputusan (SK) Rektor UNS tersebut tertanggal 11 Maret 2022.

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan Fakultas Psikologi, yang sebelumnya telah 17 tahun berdiri sebagai Program Studi (Prodi), kini sudah berdiri menjadi fakultas sendiri agar ada perkembangan yang lebih cepat dan lebih baik lagi pada masa mendatang.

“Fakultas Psikologi sudah lama sebagai Prodi. Kita harapkan dengan meningkatnya Prodi menjadi fakultas, perkembangan Fakultas Psikologi ke depan jauh lebih cepat dan lebih baik,” harap Jamal, Kamis (24/3/2022).

Jamal menilai, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS sebagai fakultas yang futuristik. Fakultas tersebut sangat sesuai dengan era disrupsi dan industri 4.0 seperti sekarang.

Pembukaan fakultas baru melalui proses yang berbeda mengingat status UNS yang kini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Menurutnya, otonomi pendidikan yang dimiliki UNS sekarang mendorong adanya regulasi baru untuk membuka fakultas, Prodi, dan lainnya. 

“Prosesnya diajukan oleh Rektor kepada Senat Akademik dan ditelaah oleh Senat Akademik. Setelah itu direkomendasikan oleh Senat Akademik untuk bisa dibuka kedua fakultas itu,” tutur Jamal.

Jamal juga menjelaskan suatu model berbeda terkait penambahan fakultas baru kali ini. Dia menuturkan bahwa tidak berencana akan ada dekan baru untuk fakultas-fakultas tersebut. Hal ini didasarkan atas status PTNBH yang disandang UNS sehingga lebih ramping secara struktural tetapi memiliki fungsi yang kaya.

“Kita sekarang punya 13 fakultas dan dua sekolah. Tidak harus misalnya saja dekannya 15, tetap 13. Bisa saja ke depan lebih simpel lagi. Lima belas fakultas itu bisa saja dekannya kurang dari 10, misalnya saja,” terang Jamal.

Berkaitan dengan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, kedua fakultas ini memberikan penambahan kuota mahasiswa untuk keseluruhan jalur. Bersumber dari unggahan akun Instagram @spmbuns, kuota mahasiswa Fakultas Psikologi UNS meningkat dari 150 menjadi 250 orang. Sedangkan kuota mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS meningkat dari 80 menjadi 100 orang.

Read Next