logo

Kampus

Wajib Registrasi, Maba SNBP tak Bisa Ikuti UTBK-SNBT Tiga Tahun ke Depan

Wajib Registrasi, Maba SNBP tak Bisa Ikuti UTBK-SNBT Tiga Tahun ke Depan
Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (EDUWARA/Dok. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Setyono, Kampus29 Maret, 2023 17:03 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Para wakil rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Yogyakarta mengingatkan calon mahasiswa baru yang diterima lewat Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun ini wajib melakukan daftar ulang atau registrasi.

Jika hal ini tidak dilakukan oleh yang bersangkutan, pihak kampus menganggap yang bersangkutan telah melepas haknya sebagai calon mahasiswa jalur SNBP. 

Sesuai aturan, mereka dilarang ikut seleksi penerima mahasiswa baru lewat Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) yang diselenggarakan 2023 sampai 2025.

Tahun ini, lima PTN di Yogyakarta, kecuali Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, menerima sebanyak 5.167 calon mahasiswa baru dari jalur SNBP. Keempat PTN itu yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Sunan Kalijaga Iswandi Syahputra mengatakan berdasarkan keputusan Rektor, pada tahun ini UIN Sunan Kalijaga menerima sebanyak 385 mahasiswa baru dari SNBP.

"Jumlah itu dengan rincian yang diterima pilihan pertama sebanyak 350 orang dan diterima pilihan kedua sebanyak 8 orang," kat Iswandi, Rabu (29/3/2023).

Iswandi menegaskan bagi seluruh calon mahasiswa baru SNBP wajib melakukan daftar ulang dan pemenuhan syarat untuk penerapan uang kuliah tunggal (UKT) yang diselenggarakan pada 30 Maret sampai 4 April 2023.

Wajib Registrasi

Menurut Iswandi, tidak dilakukannya proses daftar ulang oleh calon mahasiswa yang bersangkutan akan menyulitkan mereka dan institusi.

"Sudah diterima tapi tidak registrasi, maka otomatis tidak bisa ikut di jalur berikutnya (SNBT). Jadi, silahkan dicermati dan melakukan tahapan registrasi dengan baik dari 30 Maret sampai 4 April 2023," paparnya.

Iswandi juga mengatakan, mahasiswa lewat SNBP dilarang mendaftar kembali dalam jalur UTBK-SNBT yang diselenggarakan pada 2023, 2024, dan 2025.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik UPNV Yogyakarta, Suharsono. Dijelaskan, bahwa UPNV Yogyakarta mewajibkan 1.053 calon mahasiswa baru lewat SNBP wajib mendaftar ulang mulai 30 Maret sampai 4 April 2023.

"Apabila calon mahasiswa tidak melengkapi biodata dan unggah dokumen sampai tanggal yang telah ditentukan maka yang bersangkutan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Tahun Akademik 2023/2024," jelasnya.

Untuk dimengerti UPNV Yogyakarta akan menerima 5.310 mahasiswa baru tahun ini. Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu jalur SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri (SM).

Jalur SM di UPNV Yogyakarta terbagi melalui tiga jalur, di antaranya Penerimaan Jalur Prestasi (PJP), Nilai Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) 2023, dan Jalur Bela Negara.

Read Next