logo

Kampus

27 Mahasiswa UGM Terima Penghargaan pada Peringatan Hardiknas

27 Mahasiswa UGM Terima Penghargaan pada Peringatan Hardiknas
Rektor UGM Ova Emilia memberikan penghargaan kepada 27 mahasiswa pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5/2023), di halaman Gedung Pusat UGM. (EDUWARA/Dok. UGM)
Setyono, Kampus02 Mei, 2023 20:31 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan penghargaan kepada 27 mahasiswa pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5/2023), di halaman Gedung Pusat UGM.

Perwakilan mahasiswa terdiri atas dua peserta yang tengah mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 5, lima peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan 10 peserta Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang telah menyelesaikan program pada tahun 2022.

Ada juga 10 peserta Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 yang akan berangkat ke berbagai perguruan tinggi terkemuka luar negeri seperti Yale University Amerika Serikat, University of Leeds Inggris, dan Nanyang Technological University Singapura mulai Mei ini.

Menurut Rektor Ova Emilia, UGM aktif mendorong dan mendampingi mahasiswa mengikuti program-program Kampus Merdeka. Hingga 2023, sebanyak 2.018 mahasiswa UGM telah mengikuti program MSIB, dan 431 mahasiswa mengikuti program IISMA ke berbagai perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

"Saya berharap dukungan pada program ini dapat terus ditingkatkan, dimanfaatkan, sehingga mahasiswa UGM semakin banyak yang dapat mengikuti," kata Ova.

UGM memperingati Hardiknas tahun ini dengan tema 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar'.

24 Episode Merdeka Belajar

Kemendikbudristek telah meluncurkan 24 episode Merdeka Belajar sehingga proses pembelajaran inovatif digiatkan untuk dapat mendukung capaian kompetensi sekaligus pengembangan karakter mahasiswa.

"Proses ini diharapkan mampu memberikan bekal kesiapan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, memenuhi kebutuhan pengembangan ilmu, serta terjalinnya link and match dengan dunia industri," ucap Rektor.

Rektor menegaskan UGM mendorong seluruh program studi melakukan akselerasi MBKM Mandiri bersama mitra-mitra strategis UGM dengan memfasilitasi program studi untuk mendapatkan bantuan pendanaan internal maupun dari Kemendikbudristek.

Sebanyak 62,8 persen mahasiswa UGM peserta MBKM mengikuti kegiatan MBKM Mandiri dari program studi. 

Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rektor Sumaryanto membacakan pidato Mendikbudristek Nadiem Makarim dan memberikan penghargaan pada mahasiswa berprestasi pada bidang penalaran, seni, olahraga, kesejahteraan dan minat khusus UNY.

Beberapa mahasiswa mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2022, Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) 2022 dan masih banyak lagi.

Read Next